Dana Kunjungan Paus Benediktus XVI Dipertanyakan

Internasional / 5 February 2011

Kalangan Sendiri

Dana Kunjungan Paus Benediktus XVI Dipertanyakan

daniel.tanamal Official Writer
2494

Sejumlah legislator parlemen Inggris Raya mendesak pemerintah mengklarifikasi penggunaan dana bantuan asing untuk membiayai kunjungan Paus Benediktus XVI ke Inggris beberapa waktu lalu. Pemerintah Inggris sendiri sebelumnya memperkirakan anggaran yang dialokasikan untuk kunjungan empat hari Paus mencapai GBP 10 juta (Rp 146 miliar), di luar biaya pengamanan.

Menurut ketua komisi pembangunan internasional di parlemen Inggris Malcom Bruce fakta tentang penggunaan dana itu bisa mengejutkan para legislator dan wajib pajak. "Menteri terkait harus menjelaskan dengan gamblang untuk apa dana tersebut dan dampaknya terkait komitmen dengan bantuan luar negeri" katanya.

Bruce menambahkan, anggota dewan dan wajib pajak ingin mengetahui penggunaan dana bantuan itu untuk membiayai kunjungan Paus Benediktus pada September 2010. "Apakah kebijakan tersebut tidak melanggar aturan penggunaan dana bantuan internasional"? ujarnya. Rincian pengeluaran dana bantuan tersebut terungkap dari penelusuran komisi pembangunan luar negeri parlemen Inggris terhadap anggaran Departemen Pembangunan Internasional.

Seorang juru bicara Departemen Pembangunan Internasional menyebutkan, uang yang ditransfer ke Departemen Luar Negeri tersebut bukanlah dana bantuan pembangunan. Melainkan anggaran lintas departemen. "Kami memahami peran Gereja Katolik sebagai penyedia utama jasa kesehatan dan pendidikan di sejumlah negara berkembang," jelas juru bicara itu. Dia menambahkan bahwa wajar departemennya mengeluarkan anggaran untuk membiayai kunjungan Paus

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami