Ribuan Anak Indonesia Terlibat Premanisme

Nasional / 7 December 2010

Kalangan Sendiri

Ribuan Anak Indonesia Terlibat Premanisme

daniel.tanamal Official Writer
2624

Menyedihkan. Operasi pemberantasan premanisme dan penyakit masyarakat di seluruh Indonesia yang digelar oleh Polri dalam rangka menjalankan 100 hari masa jabatan Kapolri, Jenderal Timur Pradopo, berakhir dengan data yang miris. Tak kurang dari seribu anak Indonesia terlibat Premanisme.

Dalam operasi yang digelar pada 8 hingga 28 November itu, terdapat seribu lebih anak-anak terlibat kasus premanisme. Dari jumlah tersebut, 209 anak juga terjaring dalam kasus kejahatan jalanan ( street crime) dan sebanyak 241 anak terlibat dalam kasus judi. "Ini hasil rekap, sebanyak 1.170 anak terlibat premanisme," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Iskandar Hasan di Mabes Polri, Jakarta, Senin 6 Desember 2010.

Tak hanya anak-anak, operasi ini pun juga berhasil menjaring seribu lebih perempuan yang terlibat kasus premanisme. Berdasarkan laporan, terdapat 1.059 wanita yang terjaring dalam kasus premanisme tersebut. Sementara itu, sebanyak 161 wanita terjaring kasus judi dan 337 lainnya terlibat street crime. "Jadi yang wanita juga banyak terlibat premanisme," papar Iskandar.

Namun Iskandar menuturkan bahwa kebanyakan pelaku premanisme masih didominasi oleh pria dewasa. Dalam operasi itu setidaknya berhasil dijaring sebanyak 3.684 orang.

Tentunya hasil ini harus dapat menggerakan hati kita untuk lebih peduli terhadap anak-anak minimal yang tinggal di sekitar kita, untuk sekedar diberi nasehat dan contoh yang baik, ataupun diberi pengarahan melalui kegiatan-kegiatan positif yang dapat dicerna sebagai pertumbuhan dan pengembangan anak.

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami