Kagum Dengan Oprah, Kenapa Tidak Menirunya?

Investment / 22 November 2010

Kalangan Sendiri

Kagum Dengan Oprah, Kenapa Tidak Menirunya?

Puji Astuti Official Writer
2986

Jika Anda pernah menyaksikan acara talkshow yang dipandu oleh Oprah Winfrey, mungkin terbersih keinginan di hati Anda untuk mengikuti jejak wanita paling berpengaruh di dunia ini. Sekalipun kesempatan Anda untuk bisa menjadi seperti Oprah hanya 2% demikian ungkap Marsha Friedman, seorang yang sudah 20 tahun berkecimpung dalam industri public relation dan pendiri EMSI Public Relation, kesempatan tersebut patut dicoba.

Saat ini, di Indonesia sendiri acara talkshow mulai banyak di gemari, contohnya adalah Kick Andy, Bukan Empat Mata dan masih banyak yang lainnya. Jika Anda ingin tampil di kamera dan sukses dengan acara talkshow Anda sendiri, berikut lima langkah untuk memulainya.

1. Mulai di daerah Anda

Jadilah ahli dibidang Anda dan temukan cara agar media bersedia untuk meliputnya. Bahkan jika hanya koran, blog, atau televisi lokal hal itu sudah cukup baik untuk membangun kredibilitas Anda.

2. Dapatkan cara pandang yang baru atas sesuatu yang menjadi pembicaraan hangat.

Idenya adalah mengekspos hal yang sedang naik daun dengan sudut pandang yang baru. Anda harus mau bekerja keras untuk melakukan survey muka dengan muka kepada banyak orang.

3. Samakan persepsi Anda dengan pasar

Apakah talkshow Anda memiliki nilai jual? Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa apa yang Anda sajikan adalah untuk menghibur dan menyampaikan informasi kepada para pemirsa – bukan untuk mempromosikan diri Anda.

Waktu yang tepat sama pentingnya dengan kualitas yang harus Anda sampaikan. Sebagai contoh episode Oprah’s Earth Day, yang menampilkan tas ramah lingkungan, hal ini mendapat sambutan baik di masyarakat selain itu juga meningkatkan penjualan produk tersebut karena kepedulian lingkuangan dan pemanasan global sedang menjadi topik hangat saat itu.

4. Bersabar

Mulai dari bawah adalah bagian dari proses, walaupun tidak ada jaminan Anda akan mencapai kursi seperti yang di duduki Oprah saat ini, namun usaha untuk mencoba patut dilakukan. Selain itu ada baiknya Anda belajar untuk menjadi seorang pembicara yang professional yang akan mempersiapkan diri Anda jika waktu untuk tampil di sorotan lampu tiba.

5. Ketika tiba ketenaran, bersiaplah untuk bersinar

Jika Anda gagal mempersiapkan, maka Anda mempersiapkan untuk gagal. Hal ini Anda harus ingat dengan baik. Tidak ada jalan yang mudah menuju kesuksesan, hal itu membutuhkan kerja keras dan kesediaan untuk belajar. Untuk itu, pastikan ketika waktunya tiba, Anda telah siap.

Sumber : Entrepreneur.com
Halaman :
1

Ikuti Kami