Presiden : Imanlah yang Menyelamatkan Para Penambang

Internasional / 13 October 2010

Kalangan Sendiri

Presiden : Imanlah yang Menyelamatkan Para Penambang

Lois Official Writer
4381

Upaya penyelamatan di pertambangan Chile membuahkan hasil. Florencio Avalos, supir berusia 31 tahun, dipilih para pejabat Chile sebagai pekerja pertama yang dikeluarkan dari tambang yang runtuh tersebut. Dua pekerja lain yang diselamatkan setelah Avalos adalah Mario Sepulveda (39, seorang spesialis listrik) dan Carlos Mamani, yang merupakan satu-satunya warga Bolivia di antara 33 pekerja tambang yang terjebak lebih dari dua bulan itu. Yang terakhir sejak berita ini diluncurkan adalah Juan Andres Illanes Palma (51).

Menteri Pertambangan Laurence Golborne mengatakan, para pekerja tambang yang terjebak itu sangat riles dan bahkan lebih rileks dari pekerja media. Presiden Chile Sebastian Pinera mengatakan bahwa iman yang ada pada para pekerja tambang itulah yang mampu ‘memindahkan gunung’ dan membuat penyelamatan mereka berhasil dilakukan.

Dalam pernyataannya di tambang San Jose setelah operasi penyelamatan itu, Pinera memuji kekuatan dan keberanian 33 orang yang sudah terkurung lebih dari 2000 kaki (sekitar 609 meter) di bawah permukaan tanah selama 69 hari.

Setelah melakukan perjalanan singkat, presiden mengkonfirmasi akan menyambut setiap pekerja tambang yang mencapai permukaan. Katanya, “Para penambang kerja ini tidak akan menjadi orang yang sama seperti sebelum kecelakaan tersebut dan begitu juga dengan Chile.” Presiden juga menambahkan kalau pemerintahnya berjanji untuk tidak pernah menyerah.

Pinera, mengatakan bahwa Chile belajar banyak dari kejadian ini. Cerita ini mungkin berawal dari tragedy tapi saya berharap akan berakhir dengan berkat melimpah. Kami belajar bahwa kesatuan, iman, harapan, dan kekuatan bisa mencapai semua tujuan yang ingin kami capai untuk negara kami.” katanya mengakhiri.

Sumber : orange/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami