BPOM : Indomie Aman Dikonsumsi

Nasional / 11 October 2010

Kalangan Sendiri

BPOM : Indomie Aman Dikonsumsi

daniel.tanamal Official Writer
2986

Menanggapi merebaknya kabar razia mie instan merek Indomie di Taiwan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan kalau produk Indomie yang beredar di Indonesia aman dikonsumsi dan tidak membahayakan masyarakat. "Produk Indomie di Indonesia yang terdaftar sudah memenuhi syarat dan aman," ungkap Kepala BPOM Kustantinah, Senin (11/10/2010).

Kustantinah menjelaskan, pihaknya belum dapat memastikan apakah Indomie yang beredar di Taiwan sama dengan yang dipasarkan di Indonesia. "Saya tidak tahu produk Indomie yang beredar di Taiwan. Tiap negara punya syarat tersendiri dan terkadang berbeda. Saya bicara untuk produk Indomie di Indonesia. Persyaratan yang kita terapkan mengacu pada syarat secara internasional, yakni Codex, badan standarisasi internasional. Sesuai standar itu, kita kembali mengkaji agar bisa mendapatkan resiko paparan maksimum dari bahan tambahan pangan," ujarnya.

Petugas Departemen Kesehatan dan Makanan Taiwan melakukan razia mendadak ke beberapa toko dan menyita mi instan Indomie produksi Indonesia. Mereka menyatakan, mi instan buatan Indofood tersebut mengandung dua bahan yang tidak diperkenankan untuk digunakan dalam makanan dan dilarang diperjualbelikan.

Menyikapi hal itu anggota Komisi VI DPR RI Mirati Dewaningsih dari Fraksi PKB saat melakukan rapat kerja dengan Kementerian Perdagangan di Jakarta Senin (11/10/2010) hari ini pun angkat bicara, "Kami meminta klarifikasi dari atase perdagangan mengenai pelarangan masuk mi instan ke Taiwan," kata Mirati kepada perwakilan dari Kementerian Perdagangan yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Ardiansyah Parman didamping oleh seluruh atase perdagangan dari seluruh negara.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (ISM) Franky Welirang tidak kaget dengan adanya kabar razia Indomie di Taiwan. Menurutnya, hal tersebut terkait masalah peraturan dan persaingan dagang di negara tersebut. ISM merupakan induk PT Indofood Consumer Brand Product Sumse Makmur Tbk (ICBP), produsen Indomie.

"Kalau bagi saya, normatif bahwa itu soal persaingan. Jadi itu persaingan dagang domestik. Taiwan pasti melakukan proteksi. Salah satu
barrier memang proteksi, apalagi Taiwan bukan bagian WTO (Badan Perdagangan Dunia)," ujar Franky Welirang. Alasan tersebut dikatakan Franky karena produk Indomie telah memenuhi aturan standar keamanan internasional dan bisa diterima di negara lain.

 

Sumber : kompas.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami