Inggris Akui Agama Baru

Internasional / 5 October 2010

Kalangan Sendiri

Inggris Akui Agama Baru

daniel.tanamal Official Writer
4204

Jauh sebelum kekristenan berkembang di Eropa, rakyat Inggris sudah mengenal “agama” Druidry. Kini kepercayaan lawas itu diakui sebagai salah satu agama resmi yang berkembang di negara pimpinan Ratu Elizabeth II tersebut.

Selama lima tahun umat Druidry berjuang menjadikan kepercayaan mereka itu menjadi agama yang resmi dan diakui. Penantian itu menjadi kenyataan pada hari Sabtu kemarin (2/10). The Charities Commission menyetujui penyebutan Druidry sebagai agama. Dengan demikian, mereka dianggap sebagai organisasi sosial yang selevel dengan agama-agama lain, misalnya dengan gereja-gereja di Inggris. "Ini adalah hasil perjuangan panjang selama lima tahun," kata kelompok Druid dalam pernyataannya setelah resmi diakui sebagai agama.

Dalam pernyataan resmi, The Charities Commission menyebut Druidry sebagai agama purba kaum pagan dengan hak penuh melakukan ritual pemujaan alam, terutama kepada matahari dan bumi. Status agama itu membawa sejumlah keuntungan. Misalnya saja pembebasan sejumlah pajak.

Sebenarnya tak ada terjemahan yang pas untuk kata Druidry. Akar kata dari Druidry adalah druit. Sejumlah literatur menerjemahkan kata itu sebagai dukun, karena itu Druidry bisa berarti perdukunan. Contoh terjemahan itu muncul misalnya dalam serial komik Asterix dan Obelix karya Uderzo dan Goscinny. Tokoh Panoramix dalam serial tersebut adalah seorang druid. Dia dukun sakti yang mampu mengolah ramuan ajaib sehingga Asterix dan Obelix punya kekuatan super. Tapi, Druidry yang satu ini rasanya tidak pas bila diartikan sebagai perdukunan. Druidry bukan menyembuhkan orang sakit, meramal nasib orang, apalagi memijat. Druidry adalah kepercayaan yang memuja berbagai roh di dalam tubuh alam semesta. Roh itu ada di dalam matahari, bulan, bintang, hingga rerumputan.

Wartawan BBC masalah keagamaan Robert Pigott melaporkan Druidry merupakan salah satu kepercayaan tertua yang dikenal di Inggris dan kepercayaan ini dianut oleh masyarakat Celtic yang tinggal di daratan Eropa lainnya. Di tengah keprihatinan atas lingkungan hidup dan kemorosotan pengaruh agama-agama utama, Druidisme di Inggris kini berkembang jauh lebih pesat dibanding perkembangan sebelumnya sejak kedatangan agama Kristen.

Para pengikut Druidisme tidak terikat pada satu Tuhan atau satu Sang Pencipta saja tetapi mereka menyembah roh yang mereka yakini mendiami bumi dan menyembah kekuatan alam, misalnya guruh.

 
Namun sejumlah kalangan menentang pengakuan Druidry sebagai agama. Allison Ruoff, anggota Dewan Evangelis Gereja Inggris mengatakan dari sudut pandang agama Kristen, Druidry tidak menawarkan apa-apa dan seharusnya tidak dianggap sebagai agama.

 

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami