Menag : SKB Bukanlah Penyebab Tragedi HKBP Bekasi

Nasional / 22 September 2010

Kalangan Sendiri

Menag : SKB Bukanlah Penyebab Tragedi HKBP Bekasi

Lois Official Writer
3073

Tragedi HKBP Bekasi tidak akan selesai hanya dengan SKB 2 Menteri tentang pembangunan rumah ibadah. “Ini bukan persoalan SKB,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali di DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (21/9). Suryadharma mengatakan bahwa SKB 2 Menteri bukan menjadi penghalang pembangunan rumah ibadah umat beragama tertentu meskipun insiden penyerangan dan penganiayaan terhadap Jemaat HKBP di Ciketing Asem, Bekasi Timur memang dipicu oleh tempat beribadah yang ditentang warga sekitar.

“Pengaturan ini tidak berlaku pada satu agama dan ini diterbitkan bukan oleh Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri, tetapi hasil musyawarah dari majelis agama, jadi jangan salah paham,” jelas dia. Lalu lanjutnya, apa yang dilakukan Pemerintah Kota Bekasi sudah tepat sebab jemaat HKBP Pondok Timur Indah tersebut beribadah di sebuah tempat tinggal.

“Tempat ibadah yang mereka pergunakan rumah, karena rumah ya isinya rumah. Pemda sudah betul, dia merujuk pada SKB.” Alasan Pemerintah Kota Bekasi membiarkan kegiatan beribadah jemaat selama 20 tahun di sebuah rumah tinggal tersebut, karena selama ini dinilai tidak mengganggu masyarakat umum. Namun ketika jemaat gereja tersebut semakin banyak maka mulailah ada keluhan dari masyarakat sekitar.

“Ketika mengganggu, warga menyarankan supaya tidak melaksanakan kebaktian di situ, dan ini juga diusulkan melalui jalan yang benar yaitu melalui Pemkot lalu Pemkot menyegel tetapi memberikan alternatif,” katanya. Hanya saja kata Suryadharma Ali, jemaat HKBP yang menolak untuk dipindahkan dan tetap ingin melaksanakan kebaktian. “Cuma pihak HKBP yang selalu menolak, itu pangkal persoalannya,” ujarnya kemudian.

Doakan saudara-saudara kita dan selesainya kasus HKBP Bekasi di sini

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami