Kronologi Penyerangan Mapolsek yang Menewaskan 3 Polisi

Nasional / 22 September 2010

Kalangan Sendiri

Kronologi Penyerangan Mapolsek yang Menewaskan 3 Polisi

Lois Official Writer
2933

Penyerangan bersenjata atas Mapolsek Hamparan Perak, Deli Serdang, yang menewaskan tiga anggota kepolisian diperkirakan dilakukan setidaknya oleh sepuluh orang. Seperti dituturkan sejumlah saksi mata, Rabu (22/9) sekitar pukul 00.30 WIB, delapan pengendara sepeda motor masuk dan menembaki Polsek Hamparan Perak. Mereka datang dari Jalan Hamparan Perak Raya.

“Ada 8 kereta (motor) yang datang menembaki Polsek. Empat orang masuk ke dalam dan empat orang lagi menunggu di luar. Dua orang masuk ke dalam polsek dan langsung menembaki polisi yang piket malam itu,” ujar seorang warga Hamparan Perak. Lebih dari 17 tembakan dihujankan ke Polsek Hamparan Perak pada pagi dini hari itu. “Pelakunya kecil-kecil. Helmnya saja lebih besar daripada kepalanya,” ujar warga. Pelaku berpakaian rapi, memakai kemeja.

Dua mobil dan kantor polsek juga dibakar para pelaku. Menurut warga setempat, pelaku menggunakan bom Molotov untuk membakar bangunan polsek dan mobil. Berdasarkan keterangan warga yang ikut menolong seorang polisi yang terluka tembak di bagian kepalanya, pelaku menggunakan senjata laras panjang yang diduga jenis AK-47.

Sepeda motor yang digunakan pelaku antara lain Suzuki Spin, Yamaha RX King, Vixion, dan Vario. Setelah melakukan penembakan, para pelaku lari menuju kea rah Medan Marelan. Selang beberapa jam setelah kejadian, rombongan Densus dan Kapolda Sumut datang. Ada sekitar 3 mobil patroli dari Polda Sumut dan empat dari Polres KP3 Belawan.

Adapun pernyataan resmi yang dikeluarkan Polda Sumut melalui Kapolda Sumur Irjen Oegroseno, pelaku penyerangan bersenjata berjumlah 10 orang dengan mengendarai enam sepeda motor. Hingga saat ini, Polsek Hamparan Perak dijaga ketat puluhan personel kepolisian dari Polda Sumut dan Polres KP3 Belawan. Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Sumut tengah melakukan pengejaran terhadap para pelaku.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami