Bahas Perbatasan Negara, Menlu Indonesia Bertemu Malaysia Hari Ini

Nasional / 6 September 2010

Kalangan Sendiri

Bahas Perbatasan Negara, Menlu Indonesia Bertemu Malaysia Hari Ini

Budhi Marpaung Official Writer
2742

Seperti yang telah direncanakan beberapa waktu lalu, hari ini Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Natalegawa dan delegasi bertemu dengan Menteri Luar Malaysia Datuk Seri Anifah Aman di Kinabalu, Malaysia.

Adapun agenda pertemuan kali ini adalah membahas sengketa perbatasan kedua negara dan perlindungan warga Indonesia yang terancam hukuman mati di Malaysia karena berbagai pelanggaran hukum.

"Bukan melulu perbatasan, kita juga akan melihat aspek-aspek mengenai penanganan-penanganan TKI [tenaga kerja Indonesia]," kata Hamzah Thayeb, Direktur Jenderal Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri RI.

Selain membahas dua agenda tadi, kedua Menlu juga akan membicarakan insiden 13 Agustus lalu dimana 3 anggota staff Kementerian Kelautan dan Perikanan ditangkap Kepolisian Air Malaysia di wilayah perairan Indonesia sehingga memicu protes anti-Malaysia di sejumlah kota di Indonesia.

Banyak pihak termasuk Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono berharap pertemuan ini memberikan hasil yang memuaskan khususnya bagi Indonesia. Namun, diantara optimisme tersebut, tak sedikit kelompok masyarakat dalam negeri yang meragukan niat baik negeri Jiran tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di antara kedua negara.

Bila tidak ada aral melintang, Menlu Marty Natalegawa akan kembali ke Indonesia esok hari.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami