Fokus ke Tuhan Agar Hidup Tidak Terhalang 'Ishak'

Kata Alkitab / 6 August 2010

Kalangan Sendiri

Fokus ke Tuhan Agar Hidup Tidak Terhalang 'Ishak'

Lois Official Writer
5370

Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu." (Kej 22:2). Firman yang berikut ini sudah begitu seringkali kita dengar dan dikhotbahkan dalam berbagai acara. Firman ini sarat dengan pengorbanan dan ketaatan Abraham terhadap perintah Tuhan, dia mau mengorbankan anaknya sendiri yang diminta Tuhan.

Sebelumnya, mari kita lihat sifat Abraham. Pada waktu itu, Tuhan memanggil Abraham untuk keluar dari tempat tinggal ayah ibunya dan pergi ke tanah yang akan Tuhan berikan padanya. Abraham taat pergi mengikuti kata Tuhan. Mungkin kalau dalam keadaan sekarang, kita bisa dianggap gila karena mengikuti begitu saja tanpa tahu kemana tujuan yang pasti, apa yang harus dilakukan. Tapi Abraham taat.

Kemudian, di lain cerita dikatakan Abraham dan Lot mempunyai banyak harta sehingga tempat mereka tinggal tidak dapat lagi menampung mereka. Mereka pun kemudian mencari tempat tinggal baru. Pada saat menemukan tempat tersebut, Abraham yang saat itu masih bernama Abram, berkata kepada Lot agar Lot yang menentukan kemana dia mau melangkah lebih dahulu. Jika Lot memilih ke timur, maka Abram ke barat.

Abraham yang merupakan paman dari Lot, yang ditentukan Tuhan sebagai penerima berkat dan disertai Tuhan, mau menyerahkan keputusan tersebut ke tangan Lot. Dan seperti yang kita ketahui, Lot memilih bagian timur, bagian yang paling subur. Lot mungkin tidak peduli bahwa pada saat itu, Abraham yang merupakan pamannya mendapatkan tempat yang kurang subur. Saat Lot sudah berpisah dengan Abraham, apa yang terjadi kemudian?

Tuhan katakan kepada Abraham, “Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan, sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya.” (Kej 13:14-15).

Tuhan memberikan semua tempat yang dipandang oleh Abraham saat itu kepadanya, dari segala sisi termasuk sisi timur, tanah pilihan Lot, diberikan Tuhan kepada Abraham. Semuanya hanya karena satu, Abraham rendah hati dan taat mengikuti perintah Tuhan.

Mari kita bawa situasi Abraham ketika diminta Tuhan untuk mempersembahkan Ishak sebagai korban ke dalam kehidupan kita. Sudah puluhan tahun kita tidak punya anak dan keturunan. Ketika lahir, anak kita diminta. Mungkin sebagai seorang kepala rumah tangga, sang suami mungkin akan berkonsultasi dengan istrinya, apa yang harus dilakukan. Tapi di Alkitab tidak disebutkan, jadi kemungkinan Abraham tidak berkonsultasi dengan Sara tapi dengan penuh keteguhan hati dia siap menyerahkan Ishak kepada Tuhan.

Apa yang membuatnya seperti itu? FOKUS. Dia memfokuskan dirinya kepada Sang Pencipta, yang memberikan kepadanya Ishak. Abraham tahu bahwa Tuhanlah yang memberikan Ishak kepadanya jadi Tuhan berhak atas apa saja. Apakah menurut Anda sementara Abraham mempersiapkan Ishak menjadi korban, domba yang telah disediakan Allah sudah ada atau belum? Kemungkinan, domba itu sudah ada walaupun memang Alkitab tidak menyebutkan hal itu.

Domba pengganti Ishak sudah ada tapi Abraham tidak memandang sekeliling, dia hanya fokus kepada Penciptanya dan tujuannya datang ke sana. Saat fokus kita hanya kepada Tuhan, maka sebenarnya Dia sudah menyiapkan semuanya untuk kita

Itulah yang menjadi masalah kita pada umumnya sebagai umat Tuhan. Fokus. Kemanakah fokus Anda? Apakah ada ‘Ishak-Ishak’ yang menghalangi Anda untuk menyembah, melakukan perintah, menaati, memperhatikan, dan mengutamakan Tuhan? Siapakah ‘Ishak’ ada di dalam diri Anda? Apa ‘Ishak’ itu dalam diri Anda? ‘Ishak-Ishak’ itu dapat menghalangi Anda untuk dekat Tuhan. Anda akan lebih memperhatikan, entah itu kekayaan, kehormatan, kedudukan, keuangan, kesehatan, anak-anak Anda, ataupun hal berharga lainnya bagi Anda daripada Tuhan itu sendiri, sumber segalanya.

Sumber : jawaban.com/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami