OMG, Anggota DPR Yang Suka Bolos Semakin Banyak

Nasional / 27 July 2010

Kalangan Sendiri

OMG, Anggota DPR Yang Suka Bolos Semakin Banyak

Budhi Marpaung Official Writer
2560

Inikah wajah parlemen Indonesia? Di saat rakyat membutuhkan dukungan dari para wakilnya untuk menyejahterakan kehidupan mereka, justru orang yang mendapatkan amanat itu malah mangkir dari tugasnya.

Biro Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI, Senin (26/7) kemarin, menunjukkan bahwa dari tiga masa sidang yang digelar, prosentase anggota dewan yang hadir semakin menurun saja.

Secara keseluruhan, setiap fraksi di DPR memberikan kontribusi besar terhadap keadaan ini. Fraksi Demokrat contohnya. Pada masa sidang DPR I (1 Oktober-4 Desember 2009), anggota dewan yang hadir dari fraksi terbesar di DPR tersebut adalah sebesar 94,2%, lalu di masa sidang DPR II (4 Januari 2010 – 5 Maret 2010) prosentase kehadirannya semakin menurun menjadi 91,1%, terakhir pada masa sidang DPR III (5 April 2010 – 18 Juni 2010), anggota Fraksi Demokrat yang bersidang hanyalah sebesar 74,8%.

Rencananya, setiap anggota DPR yang membolos sidang akan mendapatkan sanksi berupa pengurangan gaji. Namun, hal ini masih menjadi perdebatan di antara anggota dewan. Belum diketahui secara pasti apakah kebijakan ini akan diberlakukan atau hanya berlalu saja seiring dengan banyaknya fraksi yang melakukan penolakan.  

Sumber : inilah.com
Halaman :
1

Ikuti Kami