Pentingnya Tidur Berkualitas Bagi Bayi Anda

Serba-Serbi Sehat / 18 July 2010

Kalangan Sendiri

Pentingnya Tidur Berkualitas Bagi Bayi Anda

Lestari99 Official Writer
3794

Bila Anda telah memiliki bayi atau batita, pastikan agar buah hati Anda memiliki tidur yang berkualitas. Menurut para ahli, tidur berkualitas ternyata merupakan hal yang sangat penting bagi proses tumbuh kembang yang optimum bagi bayi dan batita karena ketika buah hati Anda sedang tertidur lelap, terjadi puncak aktivitas regenerasi sel-sel tubuh dan tumbuh kembang otak.

Pola tidur yang baik pada bayi dan batita paling ideal dibentuk ketika mereka berumur 3-6 bulan. Ciri-ciri dari bayi dan batita yang mendapat cukup tidur adalah mereka mudah tertidur di malam hari, mudah terbangun di pagi hari, tidak rewel, mudah diatur dan tidak memerlukan tidur siang melebihi kebutuhan yang sesuai dengan perkembangannya.

Tidur berkualitas dapat diperoleh buah hati Anda jika mereka telah melewati dua tahapan tidur, yaitu tidur dalam (sangat nyenyak) atau tidur Non-REM (Non-Rapid Eye Movement) dan tidur aktif atau tidur REM.

Proporsi tidur REM pada bayi yang baru lahir biasanya sebanyak 50% dari keseluruhan siklus tidur yang dimilikinya. Angka tersebut akan terus berkurang hingga tinggal 20% seiring dengan pertambahan usia buah hati Anda.

Pola tidur ini akan berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Bayi yang baru lahir biasanya akan tidur selama 16-20 jam dalam satu hari. Pada usia tersebut, pola tidur belumlah teratur. Lamanya buah hati Anda tidur di siang hari dan malam hari hampir sama, lebih dipengaruhi oleh rasa lapar dan kenyang bayi.

Pada usia 2-12 bulan, bayi umumnya tidur selama 9-12 jam pada malam hari dan tidur siang 1-4 kali sehari. Ketika berumur 1-3 tahun, buah hati Anda biasanya akan tidur selama 12-13 jam sehari, dengan tidur siang rata-rata satu kali saja dalam sehari semenjak ia berusia 18 bulan.

Biasakan batita Anda untuk tidur siang karena anak berumur tiga tahun yang terbiasa tidur siang akan memiliki kemampuan lebih dalam menyesuaikan diri. Hal itu sangat penting dalam menentukan keberhasilan di sekolahnya kelak. Pada usia empat tahun, anak bisa tidak lagi membutuhkan tidur siang. Tidur di pagi dan siang hari sangat berkaitan erat denagn lamanya atensi, suasana tenang dan cepatnya proses pembelajaran.

Pola tidur pada bayi dan batita memang bervariasi. Tetapi dalam satu bulan setelah bayi lahir, seharusnya ritme tidur dan bangun yang rutin sudah dapat terbentuk. Sebaiknya Anda waspada jika hingga umur enam bulan buah hati Anda belum memiliki pola tidur yang relatif teratur karena itu bisa berarti ia memiliki masalah tidur.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami