Hore, Pemerintah Aussie Hapuskan Utang Indonesia

Nasional / 15 July 2010

Kalangan Sendiri

Hore, Pemerintah Aussie Hapuskan Utang Indonesia

Budhi Marpaung Official Writer
2346

Kabar baik bagi seluruh rakyat di Indonesia. Pemerintah Australia telah menyetujui untuk menghapus hutang Indonesia sebesar AUD$75 juta (sekitar Rp595 miliar). Sebaliknya, Pemerintah Indonesia akan menginvestasikan separuh dari angka tersebut ke dalam program-program nasional untuk memerangi tuberkulosis melalui program "Global Fund to Fight AIDS, Tuberculosis and Malaria”.

Persetujuan akan hal ini telah tercantum dalam kesepakatan "Debt2Health" yang diumumkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa bersama dengan Menlu Australia Stephen Smith, di Jakarta, Kamis (15/7).

"Australia mendukung kuat program pengalihan Debt2Health dengan Indonesia dan Global Fund ini untuk menghadapi tantangan perawatan dan pencegahan tuberkulosis,” ujar Smith, seperti dikutip dari VIVAnews.

Direktur Jenderal untuk Pengelolaan Utang di Kementerian Keuangan Indonesia, Rahmat Waluyanto mengungkapkan Indonesia sangat menyambut baik komitmen ini. Menurutnya, Inisiatif Debt2Health ini memungkinkan pemerintah mengubah utang negara menjadi program kesehatan masyarakat.

Sekedar informasi, Indonesia merupakan negara terbanyak ke-3 di dunia dalam urusan jumlah pengidap TBC. Setidaknya, setiap tahun ada 90.000 penduduk Indonesia yang meninggal akibat penyakit ini.

Sumber : VIVAnews
Halaman :
1

Ikuti Kami