Kerjasama dan Permusuhan Vitamin dan Mineral

Gizi & Nutrisi / 4 July 2010

Kalangan Sendiri

Kerjasama dan Permusuhan Vitamin dan Mineral

Lois Official Writer
5942

Dalam dunia suplemen vitamin dan mineral, ada tiga bentuk vitamin dan mineral yang bisa dikonsumsi yaitu pil, cairan, dan bubuk. Beda ketiga bentuk ini ada pada kecepatan tubuh menyerap dan berapa cepat suplemen itu menyerap. Bentuk cair merupakan bentuk yang paling cepat diserap. Sekali dikonsumsi, diharapkan vitamin dan mineral diserap dari usus ke aliran darah agar bekerja efektif di tubuh.

Apakah Anda tahu, jika vitamin dan mineral dapat bekerjsama agar tubuh dapat menyerap lebih baik lagi? Zat besi sangat berguna bagi Anda penderita anemia, karena zat besi (Fe) membentuk sel darah merah Anda. Namun, tingkat penyerapan zat besi dalam tubuh sangat rendah, sehingga dengan mengkonsumsi vitamin C bersama makanan yang mengandung zat besi (terdapat pada sayuran hijau tua, kacang-kacangan, dah pangan hewani) akan membantu tubuh menyerap zat besi dengan baik.

Setelah umur 20 tahun, tubuh manusia akan mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun. Dengan mengkombinasikan vitamin D dengan kalsium, akan membantu kadar kalsium dalam tubuh Anda tercukupi sehingga Anda tidak mempunyai keluhan mengenai tulang Anda.

Makan vitamin A, C, dan E bersamaan, membantu saluran pencernaan menyerap selenium dengan baik. Tubuh memerlukan sedikit asupan lemak atau minyak agar vitamin A dan betakaroten terserap baik. Penyerapan mineral zinc jadi lebih baik jika makan protein.

Namun, ada juga zat-zat yang kurang bersahabat antara penyerapan vitamin dan mineral yaitu :

Terlalu banyak potasium bisa mengganggu penyerapan magnesium. Zat phytates, yaitu sejenis serat pada sereal gandum, mengikat mineral zinc dan membuangnya lewat saluran cerna tanpa memberi kesempatan tubuh menyerapnya. Tannin dalam minuman teh mengikat zat besi dan membuat tubuh tidak menyerap cukup zat besi. Karena itu, ketika makan bayam jangan minum teh.

Oksalat dalam bayam mengikat kalsium sehingga kalsium tidak terserap tubuh. Jadi bagi para orangtua, jangan terlalu banyak makan bayam karena Anda perlu banyak kalsium. Minum banyak cola juga dapat mempengaruhi kadar kalsium tubuh. Dan terlalu banyak minum kopi bisa menghilangkan vitamin B1 dari dalam tubuh.

Karena ini tubuh Anda sendiri, jadi perhatikan benar asupan makanan yang Anda konsumsi, jangan sampai Anda kekurangan vitamin atau mineral tertentu sehingga Anda tidak dapat beraktifitas dengan lancar.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami