Tips Meningkatkan Karir

Career / 19 June 2010

Kalangan Sendiri

Tips Meningkatkan Karir

Lestari99 Official Writer
2721

Dalam era ekonomi yang menantang ini, baik perusahaan maupun individu menyadari pentingnya membedakan diri mereka di dunia sekuler dan mengambil langkah-langkah untuk mengamankan masa depan mereka.

Tertarik untuk belajar bagaimana caranya? Berikut adalah 10 tips dari Inforum Center for Leadership, pendidikan dan penelitian yang dilakukan Inforum bagi siapapun yang ingin meningkatkan karirnya ke jenjang berikutnya.

1. Memiliki percakapan di lift.

Apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda berkontribusi pada kesuksesan perusahaan Anda? Ketika Anda mendapatkan pertanyaan seperti ini, Anda harus siap untuk menjawabnya dengan cara yang singkat, menarik dan percaya diri. Bahkan jika Anda tidak pernah benar-benar menemukan diri Anda naik lift bersama CEO, percakapan Anda di lift dapat menjadi alat terbaik yang Anda miliki ketika datang kesempatan untuk membangun brand pribadi Anda.

2. Terlibat dalam jaringan internal di perusahaan Anda.

Jika perusahaan Anda memiliki jaringan internal atau program mentoring, terlibatlah di dalamnya. Anda meningkatkan peluang Anda untuk bergerak ketika Anda terus terlihat dan pada akhirnya Anda berkesempatan untuk berinteraksi dengan para pengambil keputusan perusahaan.

3. Berani untuk melamar pekerjaan.

McKinsey, mengutip penelitian internal dari Hewlett-Packard, menemukan bahwa “wanita berani melamar pekerjaan hanya jika mereka berpikir bahwa mereka memenuhi 100% dari kriteria yang diminta sementara pria menanggapi lowongan kerja jika mereka merasa memenuhi 60% dari persyaratan yang diminta”. Ini artinya, jika hasil penelitian ini berlaku di seluruh dunia usaha, maka berarti banyak perempuan berbakat yang tersembunyi di luar sana. Jadi, beranilah untuk melamar sebuah pekerjaan apapun persyaratan yang diminta karena pada dasarnya semua hal dapat dipelajari.

4. Karir Anda juga tergantung pada jaringan yang Anda miliki.

Berapa banyak orang seprofesi yang Anda kenal di luar perusahaan sejenis tempat Anda bekerja? Jika jawabannya tidak seorangpun, maka hal itu dapat menjadi masalah ketika PHK melanda. Sekaranglah saatnya bagi Anda untuk membuat koneksi yang strategis. Organisasi profesional, kelompok alumni dan jaringan seperti Inforum dapat membantu Anda membangun koneksi berharga di luar wilayah Anda saat ini.

5. Eksis secara online.

Jaringan online seperti Linkedln dan facebook tidak hanya membuat jaringan Anda lebih efisien, tapi juga dapat membantu untuk membangun dan mempertahankan brand pribadi Anda. Untuk alasan itu, bagaimana Anda menggunakan jaringan online sama pentingnya dengan apakah Anda menggunakan jaringan online. Aturan praktis yang terbaik adalah jangan pernah memposting apapun yang anda tidak ingin untuk didengar atau dihubungkan dengan Anda di media.

6. Dapatkan pelatihan.

Apakah ketrampilan Anda masih up to date? Jika perusahaan Anda menawarkan kesempatan pelatihan atau program pendidikan reimburse, ambil kesempatan itu. Jika hal-hal tersebut tidak ditawarkan, cari cara lain untuk menjaga kemampuan Anda tetap tajam dan mendapatkan pengetahuan yang baru. Dalam kondisi ekonomi saat ini, pengetahuan adalah kekuatan.

7. Tingkatkan kemampuan kepemimpinan Anda.

Mengikuti teknologi mutakhir dan tren industri terbaru tidak cukup untuk membawa Anda ke puncak. Kemampuan berorganisasi dan kepemimpinan akan mempengaruhi perilaku. Cari waktu untuk mengasah ketrampilan kepemimpinan yang sederhana namun krusial untuk membantu Anda menaiki tangga karir.

8. Mengetahui kelebihan Anda.

Alih-alih berfokus pada kekurangan Anda, ambil waktu untuk melihat apa yang sebenarnya dapat Anda lakukan. Evaluasi potensi Anda berdasarkan keahlian dan kompetensi, bukan hanya pada pekerjaan yang pernah Anda kerjakan di masa lalu. Banyak dari kemampuan Anda yang bisa diterapkan di dalam pekerjaan – atau dalam bidang – yang belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya.

9. Mengetahui apa arti sukses bagi Anda dan terus maju menuju pada hal itu.

Jika Anda ingin pergi ke suatu tempat, akan sangat membantu jika Anda mengetahui kemana Anda akan pergi. Dalam buku Stepping Out of Line: Lessons for Women Who Want It Their Way.. In Life, In Love, and At Work yang ditulis oleh Nell Merlino dikatakan: “Anda harus melihatnya sebelum Anda dapat menyusun rencana untuk sampai ke sana. Bayangkan bagaimana perasaan orang lain atau bagaimana cara pendekatan mereka terhadap tantangan”. Salah satu cara terbaik untuk memulainya adalah dengan menuliskan garis besar strategis yang menjelaskan kemana Anda ingin pergi sebenarnya.

10. Jadilah fleksibel.

Meskipun penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya Anda inginkan, bersiaplah untuk mengubah rencana Anda dalam situasi yang sedang Anda hadapi saat ini – karena dunia berubah. Peluang bisa tiba-tiba muncul di mana saja dan terkadang menguap dengan cepat. Perubahan dalam kehidupan pribadi Anda dapat berpengaruh besar bagi prioritas Anda. Bagaimana Anda menyesuaikan diri pada hal-hal yang harus Anda hadapi dalam kehidupan Anda bisa memiliki dampak besar pada kesuksesan Anda.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami