Artis

Career / 11 June 2010

Kalangan Sendiri

Artis

Lois Official Writer
3294

Kata artis diambil dari bahasa Inggris yaitu artist. Menurut kamus Oxford English artist berarti orang yang belajar dunia kesenian; setiap orang yang mempelajari sains, pengobatan tradisional, astrologi, dan ahli kimia; orang yang belajar dari praktek bukan teori; orang yang mempelajari mekanik; orang yang menghasilkan karya seni; dan orang yang memelihara setiap hasil kesenian.

Dalam bahasa Latin disebut ‘ars’ yang dapat diartikan dengan metode keahlian atau teknik, mempunyai makna konotasi yaitu keindahan.

Saat ini arti kata tersebut dipersempit. Seperti kita ketahui bersama, dengan menjadi seorang artis, berarti kita menghasilkan suatu karya kesenian, baik itu dalam musik, lukisan maupun perfilman. Apakah Anda itu penyanyi, pemusik, penari, pemain sinetron, pencipta lagu, pelukis, pemahat, model, maupun hanya sebagai stunt man, Anda sudah disebut artis.

Meskipun sulit, bila Anda memang punya kemampuan untuk itu, lebih baik Anda asah. Anda pun bisa mempelajari dunia kesenian di kampus-kampus yang mempunyai program-program kesenian yang dapat Anda ikuti.

Bisa dikatakan, bayaran yang dibayar kepada artis adalah gaji yang termahal di antara semua pekerjaan lainnya. Apalagi bila Anda merupakan artis dunia yang dicintai puluhan juta penggemar, punya banyak prestasi, dan menjadi artis top nomor satu di dunia.

Gaji Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yaitu Rp. 62 jutaan per bulan, sedangkan Tukul dibayar Rp. 125 jutaan per bulan. Anda bisa lihat bahwa di sini perbandingan besar antara kedua bidang yang mereka tekuni. Padahal kalau dipikir-pikir, tanggung jawab yang harus diemban oleh Presiden SBY jelas jauh lebih besar dibandingkan Tukul.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami