Korea di Ambang Perang Saudara

Nasional / 30 May 2010

Kalangan Sendiri

Korea di Ambang Perang Saudara

Lois Official Writer
2442

Sejarah Korea dimulai pada 2333 SM ketika Raja Tan-gun membentuk dinasti pertama yang disebut Choson. Lalu kota-kota kecil terbentuk hingga memasuki abad pertama dimana dibentuk tiga kerajaan yang sekrang dikenal sebagai Manchuria, Koguryo, Paekche, dan Shilla.

Shilla kemudian mempersatukan Korea pada 668 menjadi satu pemerintahan. Pada abad ke-19 dimulailah hubungan dengan dunia luar. Selain pedagang Barat, Jepang juga ikut ambil bagian sehingga Korea menjadi jajahan Jepang pada akhirnya.

Setelah Jepang menyerah, Korea mengalami konflik dalam negara tersebut, mereka terpecah menjadi dua. Upaya mempersatukan negara semakin sulit dengan campur tangan AS dan Uni Soviet. Akhirnya, lahirlah dua ideology baru di Korea.

Di tengah ketegangan politik seperti ini, tiba-tiba tentara Korut menyerang Korsel tahun 1950. Selatan melawan dengan berani, namun tetap kalah dengan Utara yang telah dipersenjatai Rusia. Korsel meminta bantuan kepada PBB. Mereka sukses memukul mundur pasukan Korut, yang kemudian mendapat bantuan dari China sebagai negara komunis.

Upaya perundingan damai gagal, selalu berujung pada gencatan senjata antar kedua belah pihak saja. Korut memutuskan hubungan dengan Korsel.  Saat ini, Korut menyiagakan 1.2 juta personel militernya untuk pertempuran. Negara komunis ini selalu mengancam akan memerangi Selatan dan sekutunya, AS.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami