Cara Hemat & Efekif Cari Kerjaan

Career / 30 April 2010

Kalangan Sendiri

Cara Hemat & Efekif Cari Kerjaan

Lois Official Writer
3276

Banyak jalan menuju ke Roma. Itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan bagaimana caranya supaya Anda bisa mendapatkan pekerjaan secara efektif namun hemat biaya. Hal-hal yang perlu Anda ketahui adalah :

Biarkan orang tahu kalau Anda siap menerima pekerjaan baru

Mungkin ketika dulu Anda berhenti bekerja bukan karena kehendak Anda, mungkin tempat Anda bekerja mengalami kebangkrutan. Apapun alasan Anda berhenti bekerja, bukan berarti mengurangi penampilan kerja Anda. Buat orang lain, siapapun itu, melihat bahwa Anda terampil dalam melakukan suatu hal.

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah biarkan orang lain tahu bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Taruh kata-kata “Mencari tantangan baru” dalam kamus pembicaraan Anda dengan orang lain.

Gunakan “Update Status” Anda

Gunakan update status Anda di facebook, YM, maupun tempat berkomunikasi lainnya agar teman-teman Anda melihat apa yang sedang Anda cari, jenis pekerjaan yang seperti apa, posisi apa, dan perusahaan yang bagaimana. Jika Anda mendapatkan pekerjaan yang belum sesuai dengan Anda, bagikan kepada orang lain. Dalam apapun, orang yang memberi lebih banyak, dia akan mendapatkan lebih banyak pula. Manusia secara alamiah akan membantu orang yang pernah membantu mereka.

Perluas pergaulan Anda

Lebih besar pergaulan Anda, lebih banyak sumber yang bisa Anda dapatkan. Di dalam pergaulan, selain Anda kenal banyak orang, Anda harus kenal dengan orang yang mereka kenal sehingga bisa menjadi peluang bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Berikut beberapa kunci untuk menambah area pergaulan Anda :

-         Lengkapi profil Anda sehingga memudahkan orang lain mencari Anda

-         Undang semua orang yang Anda tahu untuk bergabung dalam komunitas Anda, mulai dari teman sekolah, tempat bekerja dulu, gereja, kelompok grup yang professional, kegiatan komunitas, teman senam Anda, dan lain-lain.

-         Bergabung dengan grup sosial, seperti forum di Jawaban.Com

-         Buat tujuan untuk menambah 5-10 orang per hari sehingga peningkatan komunitas Anda akan bertambah pesat.

Setelah itu, jangan lupa untuk fokus pada tujuan Anda untuk mencari pekerjaan. Buat spesifikasi jenis pekerjaan apa yang Anda inginkan. Dan bagaimana caranya menjual diri Anda untuk posisi yang Anda inginkan tersebut.

Sumber : cbn/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami