1 Mei Sensus Penduduk Dimulai, Pastikan Nama Anda Tercatat!

Nasional / 29 April 2010

Kalangan Sendiri

1 Mei Sensus Penduduk Dimulai, Pastikan Nama Anda Tercatat!

Daniel Official Writer
3017

Tahun ini, pemerintah akan mengadakan sensus penduduk keenam yang akan dimulai pada tanggal  1 Mei hingga 31 Mei 2010 mendatang. Sebelumnya, sensus penduduk pernah digelar tahun 1961, 1971, 1980, 1990, dan 2000. Sensus penduduk ini berlaku bagi seluruh warga negara Indonesia atau warga negara Asing yang tinggal di wilayah teritorial Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperoleh informasi dasar kependudukan dan perumahan yang diperlukan untuk bahan evaluasi pembangunan serta menyusun perencanaan pembangunan kependudukan, sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

Banyak pengamat menilai bahwa sensus penduduk kali ini merupakan sensus penduduk paling ambisius yang pernah dilakukan Indonesia sepanjang sejarah. Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan, BPS akan menerjunkan sekitar 700 ribu petugas lapangan dalam melakukan penghitungan populasi di Indonesia dengan biaya sebesar Rp 3,3 triliun yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Para petugas BPS ini akan mengambil data dari sekitar 60 juta rumah tangga yang tersebar di 90 ribu desa di 33 provinsi. BPS memperkirakan jumlah penduduk Indonesia saat ini sebanyak 235 juta jiwa. Angka ini diperoleh dengan asumsi pertumbuhan penduduk 1,3 persen per tahun. Dalam sensus penduduk terakhir yang dilakukan pada tahun 2000 jumlah penduduk Indonesia tercatat 206 juta jiwa. Seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis(29/4).

Rusman mengatakan bahwa sensus penduduk 2010 akan dilakukan berdasarkan tempat keberadaan seseorang di suatu daerah, bukan berdasarkan KTP atau KK yang dimiliki. Misalnya untuk anak-anak kos akan disensus di tempat kos mereka. Jadi petugas akan melakukan tatap muka orang per orang. Dan yang unik adalah jika petugas mensensus seorang waria maka jenis kelamin akan ditentukan berdasarkan pengakuan orang tersebut, artinya jika dia mengaku sebagai wanita maka akan ditulis wanita oleh petugas. Sebagai warga negara yang baik, pastikan nama Anda tercatat pada tanggal 1 Mei 2010. Ayo, sukseskan Sensus Penduduk 2010!

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami