Nutrisi Penting Bagi Ibu Dan Calon Bayi

Gizi & Nutrisi / 4 April 2010

Kalangan Sendiri

Nutrisi Penting Bagi Ibu Dan Calon Bayi

Lois Official Writer
3655

Seorang calon ibu yang sedang mengandung, memerlukan banyak nutrisi agar si ibu dan calon bayi sehat. Berikut adalah nutrisi yang diperlukan :

Karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori, yang dihasilkan oleh sereal, umbi-umbian.

Protein sebagai sumber zat pembangun, dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Mineral sebagai zat pengatur, dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

Vitamin B Kompleks sebagai penjaga system saraf, otot dan jantung agar berfungsi secara normal. Dapat diperoleh dari sereal, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur, dan produk susu.

Vitamin D sebagai pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi Anda, didapat dari minyak hati ikan, kuning telur, dan susu.

Vitamin E sebagai pembentukan sel darah merah yang sehat, terdapat di gandum, kacang-kacangan, minyak sayur, dan sayuran hijau.

Asam folat sebagai perkembangan system saraf dan sel darah. Terdapat pada sayuran hijau gelap seperti bayam, kembang kol, dan brokoli. Kebutuhan asam folat selama hamil yaitu 800mcg per hari, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan.

Zat besi dibutuhkan agar terhindar dari anemia, banyak terdapat pada sayuran hijau, daging, dan hati.

Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta melindungi ibu hamil dari osteoporosis. Sumber kalsium adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, dan susu.

Calon bayi akan mengambil kalsium dari tulang ibunya jika dia kekurangan kalsium. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin. Karena itu, perhatikan hal-hal di atas berikut ini dengan benar.

Sumber : resep/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami