Hati-Hati, Harga Rumah Menciut

Investment / 3 April 2010

Kalangan Sendiri

Hati-Hati, Harga Rumah Menciut

Lois Official Writer
3280

Bila Anda tidak ingin mendapatkan rumah yang akan Anda jual harganya menciut maka Anda perlu memperhatikan beberapa faktor yang menyebabkan harga properti itu turun. Penyebabnya yaitu :

Lingkungan antisosial

Lingkungan yang tidak kondusif karena suara bising, perilaku kasar tetangga, dan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh tetangga sekitar kita dapat menyebabkan kita merasa lingkungan tersebut tidak aman dan tidak nyaman untuk ditempati.

Rawan banjir

Musim hujan sering membuat beberapa daerah rawan banjir tergenang air. Nilai rumah akan merosot turun karena hal seperti ini. Sebaiknya Anda mendirikan rumah yang dasarnya tinggi bila Anda terlanjur membeli properti di daerah banjir.

Properti terabaikan

Jangan pernah mengabaikan berbagai properti seperti taman, cat tembok, talang air, atau selokan yang terletak di depan rumah. Hal ini bisa menyebabkan harga turun sekitar 5% dari nilai sesungguhnya karena calon pembeli menjadi ragu ketika melihat kerusakan properti Anda.

Sejarah kelam

Misalnya, pernah terjadi pembunuhan di sana, ternyata bisa menyebabkan penurunan harga jual.

Selera buruk

Selera yang buruk menyebabkan suatu rumah terlihat jelek, kusam, terkesan kecil, tidak menarik, ataupun desain yang tidak selaras dengan selera modern dapat mempengaruhi minat pembeli sehingga rumah lebih susah dijual dan terkadang bahkan harus menurunkan harga jual rumah tersebut.

Kriminalitas tinggi

Sering terjadi perampokan di sekitar lingkungan rumah membuat orang lain enggan untuk membeli rumah di sekitar. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengusahakan perangkat keamanan tambahan seperti memasang alarm anti maling dan sebagainya.

Untuk itu, perhatikan hal ini baik-baik sebelum membeli rumah ataupun properti lainnya, apalagi Anda berniat untuk menjualnya kembali.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami