Ikut Tolak Pajak Atau Tetap Taat Pajak Ya??

Internasional / 26 March 2010

Kalangan Sendiri

Ikut Tolak Pajak Atau Tetap Taat Pajak Ya??

Puji Astuti Official Writer
4352

Mencuatnya kasus Gayus Tambunan, Pegawai Negeri Sipil Dirjen Pajak golongan III A yang diduga menggelapkan uang pajak senilai 25 miliar rupiah ini membuat kepercayaan masyarakat kepada Dirjen Pajak makin meluntur.

Selain penggelapan pajak, penggunaan uang pemerintah untuk fasilitas pejabat yang mewah, dan juga korupsi yang terjadi diberbagai institusi membuat rakyat makin kecewa. Hal ini membuat munculnya sebuah wacana untuk menolak membayar pajak yang mulai menyebar di berbagai situs jejaring sosial.

Pajak bukanlah hal baru dalam kehidupan manusia. Pemerintah yang menerapkan pajak kepada rakyatnya telah berlaku sejak ribuan tahun lalu. Jadi permasalahan penyelewengan pajak bukanlah hal yang baru. Lalu bagaimana rakyat Indonesia dan sebagai orang percaya menyikapi hal ini? Mari melihat apa yang Alkitab ajarkan.

  1. Dalam Matius 22:19, Yesus berkata, "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah." Dalam hal ini Yesus tidak menjelaskan kepada kaisar yang seperti apa. Kondisi Israel yang saat itu dijajah oleh Roma menjelaskan bahwa membayar pajak adalah bentuk ketaatan pada pemerintah. Tidak peduli pemerintahan baik atau buruk, kita harus membayar pajak.
  2. Dalam Matius 17:24-27, dikisahkan Petrus ditagih pajak Bait Allah, dan Yesus meminta Petrus untuk membayar agar tidak menjadi batu sandungan. Sebagai orang percaya, kita seharusnya menjadi terang dengan taat membayar pajak.
  3. Rasul Paulus mengungkapkan hal senada dengan Tuhan Yesus, dalam suratnya kepada jemaat di Roma, "Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.."

Lalu, bagaimana dengan korupsi, kolusi dan penggelapan pajak yang dilakukan oleh oknum pemerintah? Itu adalah bagian dimana orang percaya berdoa bagi para penegak hukum di bangsa ini agar dapat mengusut tuntas semua kejahatan yang ada. Selain itu umat percaya juga harus bangkit menjadi terang  dalam setiap bidang kehidupan sehingga bangsa ini bisa bangkit menjadi Indonesia yang adil dan makmur seperti impian para pendiri negeri ini.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami