Tips Meningkatkan Limit Kartu Kredit

Investment / 24 February 2010

Kalangan Sendiri

Tips Meningkatkan Limit Kartu Kredit

Daniel Official Writer
3412

Meskipun penggunaan kartu kredit sering menimbulkan masalah namun banyak pemegang kartu kredit berharap bisa memperbesar batas kartu kredit mereka agar mampu membeli barang yang sulit dijangkau dengan uang tunai yang tak mereka miliki. Yang menjadi pertanyaan kemudian, bisakah kita meminta batas kartu kredit dinaikkan? Jawabannya tentu bisa. Namun, sebelumnya perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan batas kartu kredit yang lebih tinggi, Anda harus mematuhi syarat dan ketentuan yang dikeluarkan perusahaan penerbit kartu kredit atau bank.

Berikut adalah tips untuk membantu Anda mengendalikan kartu kredit sehingga permohonan kenaikan batas kredit Anda bisa disetujui :

1. Tunjukan Kredibilitas Anda. Ini menjadi hal pertama yang diperhatikan oleh bank dan perusahaan penerbit kartu kredit ketika akan menyetujui kenaikan batas kredit. Jadi, yang paling penting dilakukan untuk mendapatkan kenaikan ini adalah membuktikan bahwa Anda layak menerimanya.

2. Tetapkan Batas Pemakaian. Tetaplah gunakan kartu Anda dalam batasnya, untuk menunjukkan kepada pihak penerbit kartu kredit atau bank bahwa Anda mampu mengendalikan pengeluaran Anda.

3. Gunakan Secara Berkala. Gunakan kartu kredit sesering mungkin. Jika menggunakan kartu kredit hanya sesekali, bank dan perusahaan penerbit kartu kredit tidak akan mampu memahami perilaku pemakaian dan pembayaran kartu kredit Anda. Namun ingat pada no. 1, tunjukan kredibilitas Anda.

4. Jangan Membayar Minimum. Jika selama ini Anda selalu membayar tagihan kartu kredit dengan minimum payment alias pembayaran minimum, cobalah untuk membayar lebih besar dari biasanya. Jika perlu, sesekali bayarlah secara penuh pemakaian kartu kredit Anda yang tidak terlalu besar. Metode pembayaran biasanya akan memberi penilaian lebih dan ikut menentukan apakah Anda layak mendapatkan batas kartu kredit yang lebih tinggi.

5. Hindari Keterlambatan Pembayaran. Hal ini tidak hanya akan membuat utang Anda bertambah sehingga harus membayar lebih besar. Anda juga harus membayar denda keterlambatan. Tentu keterlambatan ini bisa menjadi catatan buruk bagi track record kartu kredit Anda dan bisa mengurangi kemungkinan Anda mendapatkan batas kartu kredit lebih tinggi.

6. Bijak Berkartu Kredit. Ini adalah strategi terbaik dan sederhana dalam menggunakan kartu kredit dengan bijak. Perlu diingat bahwa perusahaan penerbit kartu kredit atau bank selalu mencatat transaksi dan pola pembayaran Anda. Jadi, bayarlah selalu tagihan kartu kredit Anda tepat waktu.

Yang perlu disadari jika limit kartu kredit Anda naik dan daya beli Anda akan semakin besar maka resiko, utang, dan bunga yang harus dibayar pun akan makin besar. Apalagi jika Anda terlambat membayar atau tak bisa membayar penuh. Jadi, tetap bijak menggunakan kartu kredit.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami