2011, Jakarta Bebas Sampah Plastik Akan Segera Terwujud

Nasional / 9 February 2010

Kalangan Sendiri

2011, Jakarta Bebas Sampah Plastik Akan Segera Terwujud

Daniel Official Writer
2750

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ternyata mulai peduli dengan kondisi lingkungan yang semakin memprihatinkan karena sampah terutama sampah plastik. Untuk mengurang dampak buruk sampah plastik, pemprov DKI Jakarta mencanangkan pada tahun 2011 DKI Jakarta akan menjadi kota yang bebas dari penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari. Demikian dikatakan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo setelah bertemu dengan pengurus Kadin Jaya di Balaikota DKI, hari ini Senin (8/2).

Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Kamis (11/2) yang akan datang pemprov DKI Jakarta dan Kamar Dagang Industri (Kadin) Jaya akan menandatangani kesepakatan bersama dengan para pengusaha di Jakarta untuk mengurangi pemakaian kantong plastik. Penandatanganan kesepakatan ini akan dilakukan dalam rapat pimpinan provinsi (rapimprov) Kadin Jaya.

Gubernur mengatakan bahwa untuk tahap awal pemprov akan bekerjasama dengan asosiasi pengusaha ritel Indonesia (Aprindo) untuk menghapus kantong plastik dari kegiatan penjualan mereka. Untuk mendukung program ini, Pemprov DKI dan Kadin Jaya akan mencari bahan pengganti yang berasal dari bahan daur ulang atau bahan yang ramah lingkungan. Dia juga meminta agar rencana ini langsung disosialisasikan kepada warga Jakarta.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami