Endeuvour Meluncur Ke Station Antariksa Untuk Misi Selama Dua Minggu

Nasional / 9 February 2010

Kalangan Sendiri

Endeuvour Meluncur Ke Station Antariksa Untuk Misi Selama Dua Minggu

Daniel Official Writer
2282

Akhirnya, Senin (8/2) dini hari, pesawat ulang alik Endeavour meluncur ke luar angkasa dari Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, untuk misi selama dua minggu di International Space Station (ISS). Pesawat miliki badan Antariksa AS (NASA) ini sebenarnya dijadwalkan akan diluncurkan pada hari Minggu (7/2) namun ditunda karena terganggu oleh cuaca yang berawan. Meskipun sempat tertunda, akhirnya pada Senin pagi pukul 4.30 waktu setempat, pesawat ulang alik tersebut meluncur dengan stabil ke orbit.

Endeavour membawa 6 awak yang dipimpin oleh Cmdr. George Zamka, dengan misi untuk membawa sebuah modul kunci yaitu modul terakhir yang akan dipasang di station antariksa sebagai kelanjutan program pembangunan stasiun antariksa internasional (ISS) yang dijadwalkan selesai tahun ini.

Bergabung dalam misi ini adalah Terry Virts (pilot), dan tim ahli Nicholas Patrick, Robert Behnken, Stephen Robinson and Kathryn Hire. Demikian dikatakan oleh NASA. Mereka akan memasang dua bagian modul yaitu bagian modul Node 3 dan Cupola. Keduanya milik badan antariksa Eropa (ESA) dan dibuat perusahaan Italia Thales Alenia Space. Node 3 yang juga disebut Tranquility akan menjadi ruangan baru tempat sistem pendukung kehidupan di ISS.

Sumber : berbagai sumber/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami