Menjaga Udara di Rumah Tetap Segar

Solusi Sehat / 7 February 2010

Kalangan Sendiri

Menjaga Udara di Rumah Tetap Segar

Daniel Official Writer
6991

Zat-zat kimia mudah menguap dari pewangi atau obat penyemprot serangga yang Anda gunakan bisa menjadi polutan dalam rumah Anda. Meskipun efeknya tidak terlihat secara langsung namun polutan bisa sangat mengganggu terutama bagi mereka yang menderita asma dan gangguan pernafasan lainnya.

Supaya Anda terhindar dari gangguan pernafasan ada baiknya jika Anda memperbaiki kualitas udara dalam ruangan Anda dengan cara :

1. Membersihkan lantai dengan mengunakan penghisap/vacuum. Vaccum cleaner dapat menghisap zat kimia dan alergen bisa terakumulasi dalam debu rumah tangga selama berpulu-puluh tahun. Gunakan vacuum yang dilengkapi dengan HEPA filter.

2. Mengepel. Cara ini bisa mengangkat debu yang ditinggalkan vacuum. Tidak harus menggunakan sabun atau pembersih, Anda cukup menggunakan air bersih untuk menangkap sisa-sisa debu dan alergen.

3. Jaga kebersihan. Letakkan keset lebar di setiap pintu. Cara ini mengurangi jumlah kotoran, pestisida dan polutan lain masuk ke dalam rumah.

4. Menjaga Kelembaban udara sehat. Kutu kecil dan jamur biasanya akan hidup subur di area lembab. Menjaga kelembaban sekitar 30-50 persen membantu mengontrol jamur dan alergen. Anda bisa menjaga kelembaban udara dengan cara berikut:

  • Gunakan kipas atau bukalah jendela saat memasak, menghidupkan mesin cuci atau saat mandi.
  • Hindari menyiram tanaman secara berlebih.
  • Bawa pengering pakaian keluar rumah.
  • Kosongkan penampung tetesan air air conditioner (AC) dan alat pengering udara (dehumidifier).


5. Gunakan pewangi alami
. Pilihlah  produk pencuci yang bebas pewangi atau mengandung wewangian alami.

  • Gunakan potongan lemon dan soda kue untuk mengharumkan dapur Anda.
  • Hijaukan ruangan rumah Anda. Ruangan akan terlihat lebih cantik dengan pakis, tanaman laba-laba atau lidah buaya. Hasil studi NASA menunjukkan bahwa tanaman dalam ruangan seperti ini bekerja sebagai pemurni udara. Dedaunan dan akar tanaman bekerja menyerap zat kimia yang dilepaskan oleh material sintetis.
Sumber : mediaindonesia.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami