Membangun Jejaring Saat Berinvestasi

Investment / 6 February 2010

Kalangan Sendiri

Membangun Jejaring Saat Berinvestasi

Budhi Marpaung Official Writer
2577

Anda boleh setuju atau tidak akan pernyataan ini, "kesuksesan terjadi tidak hanya karena usaha seorang diri, tetapi karena ada pihak-pihak lain yang membantu". Bagi orang individualis, kata-kata tersebut adalah tidak berlaku karena ia percaya bahwa tanpa ada yang membantu pun keberhasilan itu akan ia raih. Mungkin itu berlaku pada zaman dahulu kala, tetapi sekarang sikap tersebut akan membuat kita semakin jauh dari mimpi kita.

Tidak ada satu pun perusahaan atau investor yang berjalan sendiri pada saat ini. Bila itu mereka lakukan maka bersiaplah tersaingi dengan perusahaan atau investor yang melakukan kerjasama dengan investor lainnya. Agar bisnis atau investasi Anda tidak tergilas pada nantinya maka membangun jejaring adalah sebuah langkah yang tepat.

Secara sederhana, jejaring adalah adanya hubungan antara satu pihak dengan pihak lainnya yang bisa jadi bidang yang dikerjakan tidak sama, tetapi dapat saling memberi keuntungan. Mungkin Anda saat ini berinvestasi di dalam bidang pendidikan, tetapi jejaring Anda tidak harus orang-orang atau perusahaan yang berkaitan dengan pendidikan, bisa saja orang tersebut bergerak di bidang kedokteran.

Ada 5 hal yang perlu Anda ingat bila ingin membuat jejaring yang berhasil:

     1. Bangunlah jejaring untuk membantu orang lain dan diri Anda sendiri.

     2. Sasar satu orang kunci.

     3. Buat diri Anda menonjol di komunitas Anda sendiri.

     4. Manfaatkan dunia maya.

     5. Lakukan kesepakatan.

Kelima hal diatas sangat mungkin Anda lakukan dan kendalanya hanya satu ketika Anda sudah mengetahui hal ini, yakni maukah Anda menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari? Di akhir tulisan ini izinkan saya mengucapkan selamat berinvestasi !

Sumber : The Big Idea; Donny Deutsch; Penerbit Gramedia
Halaman :
1

Ikuti Kami