400.000 Korban Gempa Haiti Akan Direlokasi

Nasional / 22 January 2010

Kalangan Sendiri

400.000 Korban Gempa Haiti Akan Direlokasi

Puji Astuti Official Writer
2693

Sekitar 400.000 korban gempa akan di relokasi oleh pemerintah Haiti ke sebuah pemukiman baru di luar ibukota Port-au-Prince yang porak poranda. Untuk gelombang pertama, ada 100.000 orang akan dikirim ke pemukiman sementara. Mereka akan tinggal di tenda-tenda yang telah disiapkan, demikian pernyataan Menteri Dalam Negeri, Paul Antoine Bien-Aime kepada wartawan.

Saat ini belum ada tenggat waktu yang pasti kapan relokasi ini akan dilaksanakan, nemun penjaga perdamaian PBB asal Brazil sudah meratakan tanah di sebuah lokasi dimana Bank Pengembangan Inter-American akan membantu membangun rumah permanent bagi 30.000 keluarga.

Saat ini yang sangat dibutuhkan oleh korban gempa adalah sanitasi yang baik, dan mereka mengkuatirkan adanya penyebaran wabah penyakit di lokasi pemukiman darurat yang berada di lapangan Champ de Mars, di pusat kota. Di lapangan tersebut menampung sekitar 10.000 orang pengungsi.

Banyak pengungsi yang hari ini hidup di luar ruangan, tidur diudara terbuka, dan tanpa memiliki toilet. Mereka sendiri harus rela berdesak-desakan demi mendapatkan makan dan air minum yang jumlahnya masih terbatas.

Gempa susulan yang terjadi beberapa hari lalu, membuat mereka masih trauma. Korban gempa bumi di Haiti masih sangat membutuhkan bantuan. Anda masih memiliki kesempatan untuk menolong mereka, ulurkan tangan Anda melalui aksi sosial Jawaban Kasih di sini.

Sumber : MSNBC
Halaman :
1

Ikuti Kami