Penembak Paus Yohanes Paulus II Telah Bebas

Nasional / 19 January 2010

Kalangan Sendiri

Penembak Paus Yohanes Paulus II Telah Bebas

Puji Astuti Official Writer
5089

Ankara, Turki - Orang Turki yang menembak Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1981 dibebaskan pada hari Senin (18/1) kemarin setelah 29 tahun mendekam di balik jeruji penjara.

Mehmet Ali Agca (52) yang memang dulu menyatakan dirinya mesias mengklaim bahwa pada abad ini seluruh dunia akan dihancurkan dan setiap orang akan mati. Dia mengakhiri pernyataannya tersebut dengan menyatakan dialah "Kristus Abadi."

Mehmet menembak Paus Yohanes Paulus II pada 13 Mei 1981 saat Paus mengendarai mobil terbuka di St.Peter Square. Tembakan tersebut mengenai perut, tangan kiri dan lengan kanan Paus, namun untungnya tidak ada organ penting yang tertembak.

Paus Yohanes Paulus sendiri pernah mengunjungi Mehmet Ali pada tahun 1983 untuk memaafkan Mehmet atas kejadian tersebut.

Hari pertama Mehmet Ali menikmati kebebasannya dan berada di hotel bintang lima di kawasan Ankara, Turki, dia  menemui para wartawan serta membuat pernyataan bahwa Alkitab itu penuh dengan kesalahan dan ia akan menulis satu yang baru yang lebih sempurna.

Pihak berwenang Turki sendiri akan memonitor dengan cermat Mehmet Ali karena mempertanyakan kesehatan mentalnya.

Sumber : MSNBC
Halaman :
1

Ikuti Kami