Ikan Tuna Termahal Dilelang Rp 1,7 Miliar

Nasional / 7 January 2010

Kalangan Sendiri

Ikan Tuna Termahal Dilelang Rp 1,7 Miliar

Lestari99 Official Writer
3468

Seekor ikan tuna raksasa di Jepang mencatat sejarah sebagai ikan tuna termahal karena laku seharga 16,28 juta Yen atau lebih dari US$ 175.000 atau hampir sekitar Rp 1,7 miliar. Harga ini menjadi harga tertinggi di pasar ikan utama Tokyo selama sembilan tahun terakhir ini.

Tuna memang sangat diminati di Jepang dan dimakan mentah sebagai sushi. Tuna sirip biru ini tertangkap di ujung pulau terbesar Jepang, Honshu, yang memang dikenal menghasilkan ikan raksasa kualitas utama. Bayangkan saja, ikan tuna tersebut beratnya sekitar 232 kilogram, hampir empat kali berat badan rata-rata orang Jepang. Ikan tersebut dilelang di pelelangan pertama tahun baru untuk pasar ikan Tsukiji.

Ikan tuna termahal ini dibeli secara patungan oleh sebuah restoran ternama di Tokyo dengan seorang pengusaha Hongkong yang memiliki restoran waralaba sushi. Pada tahun lalu, ikan serupa terjual hanya di bawah 10 juta Yen. Tuna sirip biru memang dikenal sebagai rajanya sushi dan warga Jepang menjadi negara pengkonsumsi ikan ini melebihi negara mana pun di dunia.

Antusiasme warga Jepang atas ikan tuna sirip biru membuat cadangan ikan jenis ini menurun drastis. Berbagai usaha dilakukan oleh para aktivis lingkungan untuk mencegah musnahnya ikan tuna sirip biru, baik di perairan Atlantik dan Mediterania. Namun dengan gaya hidup masyarakat Jepang, sepertinya langkah-langkah yang mereka ambil masih menemui jalan buntu.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami