Olahraga Dan Depresi

Psikologi / 27 December 2009

Kalangan Sendiri

Olahraga Dan Depresi

Lestari99 Official Writer
4046

Depresi dapat menjadi salah satu pengalaman yang paling melemahkan dalam hidup. Depresi dapat membuat Anda lelah, begitu lelah sampai-sampai Anda ingin pergi ke tempat tidur dan tidak pernah bangun lagi.

Depresi adalah sebuah tantangan untuk menarik diri Anda keluar dari lubang yang gelap. Menemui seorang dokter akan selalu menjadi langkah awal untuk menangani depresi, tapi ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi depresi harian Anda. Walaupun mungkin tampaknya mustahil, namun berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi depresi.

Depresi adalah salah satu masalah umum yang dihadapi setiap orang hari-hari ini, namun dapat diobati dengan obat anti depresi, terapi dan cara alternatif lainnya. Tapi, pernahkah Anda menganggap bahwa olahraga adalah bagian dari pengobatan Anda terhadap depresi? Penelitian demi penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga adalah cara yang sangat bermanfaat untuk mengatasi depresi karena hal-hal berikut ini:

  • Meningkatkan rasa penguasaan diri yang dapat membantu mereka yang merasa tidak dapat mengendalikan hidup dan suasana hati mereka.
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Mengalihkan perhatian Anda dari kekuatiran.
  • Meningkatkan kesehatan tubuh Anda, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda.
  • Membantu Anda menyingkirkan stres yang menumpuk dan rasa frustrasi.
  • Membantu Anda untuk tidur dengan baik, yang seringkali menjadi masalah ketika Anda sedang depresi.

Mungkin tampaknya mustahil bagi Anda untuk bergerak maju ketika sedang dilanda depresi tapi itulah yang harus Anda lakukan. Tidak peduli seberapa lelah Anda, bangkit dan bergerak dapat memberikan dampak langsung kepada Anda. Olahraga ringan secara teratur adalah cara terbaik untuk mengatasi stres Anda yang terus bertambah.

Keep It Simple

Masalah dengan depresi yaitu membuat Anda merasa seperti tidak memiliki energi. Bahkan untuk sekedar bangun tidur bisa jadi membutuhkan perjuangan bagi Anda, sehingga sulit membayangkan untuk melakukan olahraga ketika Anda sedang tertekan. Tidak peduli apa yang pikiran Anda katakan, tapi merupakan sebuah hal yang sangat mungkin bagi Anda untuk berolahraga ketika sedang tertekan. Jika Anda mengambil beberapa langkah sederhana, Anda dapat menambahkan sedikit aktivitas dalam hari-hari Anda untuk membantu mengangkat suasana hati dan bekerja mengatasi depresi.

Tetapkan tujuan yang sederhana. Anda tidak harus berlatih maraton. Tetapkan tujuan untuk berpakaian dan berjalan mengelilingi lingkungan sekitar rumah Anda. Berjanjilah pada diri Anda sendiri bahwa Anda akan berjalan mengelilingi area sekitar rumah Anda sekurang-kurangnya 3 kali pada hari itu. Hari berikutnya, lakukan lebih lagi. Cobalah untuk meningkatkan perjalanan Anda sedikit setiap harinya.

Bersikap lunaklah pada diri Anda. Anda mungkin tidak sanggup menghadapi latihan yang beguitu banyak, jadi berusahalah untuk merasa baik tentang apa yang BISA Anda lakukan. Saat ini bukanlah saat untuk menyerang diri Anda sendiri.

Melakukan apa yang dapat Anda nikmati. Jika yoga baik bagi Anda, luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan gaya favorit Anda. Jika Anda senang ke gym, kemas tas olahraga Anda dan lakukan beberapa treadmill. Bahkan jika Anda tidak dapat menikmatinya sekarang, Anda pasti akan dapat menikmatinya satu saat nanti.

Jadikan sebagai kegiatan sosial. Cobalah mencari teman untuk menemani Anda berjalan-jalan. Berbicara dengan orang lain dapat meningkatkan energi Ada dan akan mengingatkan Anda bahwa Anda sedang tidak sendirian.

Pergi keluar. Bahkan terkena sinar matahari dapat sedikit membantu meningkatkan suasana hati Anda. Cobalah untuk pergi keluar dan menghirup udara segar, mengingatkan diri Anda bahwa ada dunia di luar sana dan Anda dapat berpartisipasi untuk menikmatinya.

Bekerjasama dengan dokter Anda. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda mengenai pilihan perawatan Anda dan rencana Anda untuk melakukan olahraga. Dokter mungkin dapat mengarahkan Anda kepada seseorang yang dapat membantu Anda mengatur program latihan.

Apapun yang Anda lakukan, jangan menyerah. Anda tidak sendirian dan Anda tidak ditakdirkan untuk merasa seperti ini selamanya. Cobalah terlibat di dalam lingkungan Anda sejauh yang Anda bisa, meskipun rasanya tidak enak. Terkadang Anda harus melakukan apa yang benar bagi diri Anda dan menunggu perasaan yang baik itu datang kemudian. Olahraga bisa sangat membantu Anda mengontrol suasana hati dan perasaan berhasil dapat menambahkan sebuah dimensi baru dalam hari-hari Anda - sesuatu yang dapat Anda banggakan dan Anda merasa nyaman dengannya.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami