Apakah Anda Menderita Eating Disorder?

Psikologi / 13 December 2009

Kalangan Sendiri

Apakah Anda Menderita Eating Disorder?

Lestari99 Official Writer
2839

Apakah Anda memiliki hubungan yang tidak sehat dengan makanan? Apakah Anda begitu terobsesi dengan apa yang Anda makan dan bagaimana berat badan Anda? Apakah Anda pernah dilecehkan, mengalami trauma, kesedihan, cobaan, atau kekecewaan dan Anda kesulitan untuk pulih dari luka-luka masa lalu Anda? Apakah Anda kesulitan untuk mengekspresikan diri Anda secara sehat? Apakah Anda mengharapkan kesempurnaan dari diri Anda sendiri?

Memang hanya seorang ahli profesionallah yang dapat mendiagnosis apakah Anda menderita gangguan makan atau tidak, tapi Anda mungkin menyadarinya jika ada sesuatu yang salah. Mungkin saja Anda takut untuk makan, atau Anda tidak bisa berhenti makan, atau Anda membuang lagi apa yang baru saja Anda santap. Bisa jadi secara tidak sadar Anda melarikan diri dari emosi yang menyakitkan dengan berfokus pada makan dan bagaimana bentuk tubuh Anda. Anda mungkin merasa tidak layak untuk mendapatkan kasih dan penerimaan baik dari Tuhan maupun dari orang lain. Ada kemungkinan Anda merasa hidup Anda di luar kendali sehingga Anda berusaha untuk mengontrol asupan makan Anda.

Jika Anda memiliki salah satu dari hal-hal yang disebutkan di atas, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk membicarakan hal itu dengan seorang profesional medis dan mengidentifikasi apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Biasanya tersedia berbagai macam pilihan pengobatan yang dapat Anda lakukan.

Anda mungkin tidak mengalami gangguan makan yang kronis, tapi itu tidak berarti Anda tidak membutuhkan bantuan profesional maupun dukungan yang dapat menolong Anda terhindar dari hal itu. Jika Anda terdiagnosis menderita gangguan makan, maka Anda dapat mengambil langkah pertama untuk memulihkan diri dan mendapatkan bantuan profesional yang Anda butuhkan. Eating disorder (gangguan makan) adalah sebuah penyakit yang sangat rumit dan terkadang mematikan. Tak seorangpun dapat menghadapinya sendirian. Bukan sebuah hal yang bodoh untuk mendapatkan bantuan dan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda.

Jadi, jika Anda menduga diri Anda atau seseorang mungkin memiliki gangguan makan atau kecenderungan untuk menderita gangguan makan, carilah bantuan dan dukungan dari orang yang berpengalaman. Hidup Anda mungkin tergantung dari hal itu.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami