Obama Menyadari Akan Ada Kritik

Nasional / 11 December 2009

Kalangan Sendiri

Obama Menyadari Akan Ada Kritik

Daniel Official Writer
2219

Dalam acara penyerahan piagam Hadiah Nobel Perdamaian 2009 di Oslo, Norwegia, Kamis (10/12) kemarin, Presiden AS Barack Obama menyatakan bahwa dia menyadari akan terjadi kontroversi tentang hal tersebut. Menyadari bahwa dia baru berada di awal karirnya sebagai Presiden dan dia adalah komandan utama di Negara yang dihadapkan pada dua perang (Irak dan Afghanistan).

Banyak pengkritik yang menilai Obama belum layak menerima Hadiah tersebut. Tetapi dalam kesempatan itu, Obama menjawab para pengkritiknya dengan mengatakan,"Saya berterima kasih dan menerima anugerah ini dengan kerendahan hati. Saya bukan siapa-siapa dibandingkan dengan Martin Luther King, Nelson Mandela, George C Marshall, Albert Schweitzer."

"Saya juga tidak sebanding dengan jutaan warga dunia, yang dalam diamnya telah berkorban untuk mendapatkan keadilan. Saya tidak lebih terhormat dibandingkan dengan mereka yang telah berbuat sesuatu," tambahnya lagi.

Komite Nobel memutuskan berdasarkan pesan Alfred Nobel bahwa mereka yang memiliki inisiatif perdamaian sekalipun layak menerima Nobel di awal karier. Obama dianggap memiliki nurani untuk perdamaian dunia, demikian alasan komite Nobel. Hadiah bernilai 1,4 juta dolar AS ini, rencananya akan dipakai untuk amal oleh Obama, demikian diungkapkan Gedung putih. Apapun alasannya pasti Obama pernah melakukan sesuatu untuk perdamaian dunia, semoga hal itu cepat terwujud.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami