Persiapkan Cuti Anda

Career / 26 November 2009

Kalangan Sendiri

Persiapkan Cuti Anda

Daniel Official Writer
3013

Momen Natal dan Tahun Baru, biasanya dipakai orang untuk berlibur dan menjauh sejenak dari aktifitas kantor. Liburan berguna untuk mengisi ulang energi kita sehingga kita bisa lebih bersemangat dan penuh vitalitas ketika menghadapi kembali tumpukan tugas kita. Akan tetapi, sebelum Anda mengajukan cuti kepada atasan Anda, sebaiknya persiapkan beberapa hal berikut agar Anda bisa berlibur dengan tenang tanpa gangguan atau panggilan darurat dari kantor Anda :

1. Rencanakan Cuti Anda. Ajukan rencana cuti Anda jauh-jauh hari, minimal dua minggu sebelumnya. Dengan demikian, atasan Anda akan bisa mempersiapkan berbagai tindakan antisipasi yang dia butuhkan ketika Anda tidak ada di tempat.

2. Periksa Kalender Kerja Anda. Periksalah apakah ada tugas, pertemuan atau janji penting yang harus anda penuhi? Apakah ada hal-hal mendesak yang menuntut kehadiran Anda secara langsung dan tidak bisa diwakilkan kepada orang lain? Jika iya, lebih baik Anda tunda dulu rencana cuti Anda dan cari waktu lain ketika kalender kerja Anda agak luang. Jangan lupa memberitahu atasan atau rekan kerja mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan, dan apa saja yang perlu ditangani dulu sementara waktu selama Anda tidak berada di kantor. Beritahu mereka kapan Anda cuti dan kapan masuk kerja lagi.

3. Selesaikan Semua Tugas Anda. Jangan meninggalkan pekerjaan dalam keadaan terbengkalai, atau menimpakan tanggung jawab untuk menyelesaikan kepada rekan kerja Anda.

4. Tinggalkan Nomor Telepon Darurat. Ini diperlukan apabila sewaktu-waktu terjadi situasi darurat di mana perusahaan membutuhkan Anda. Jika memiliki rencana berlibur ke luar kota, tidak ada salahnya pula memberitahukan atasan mengenai destinasi Anda.

5. Delegasikan Tugas Anda. Berbagilah tugas kantor dengan sesama rekan kerja atau bawahan Anda. Seorang pekerja tim dan seorang pemimpin juga harus mampu berbagi beban pekerjaan, memberi kepercayaan pada bawahan dan berkoordinasi dengan atasan

Selamat menikmati liburan Anda!

Sumber : mediaindonesia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami