Pahlawan CNN 2009: Efren Penaflorida

Nasional / 24 November 2009

Kalangan Sendiri

Pahlawan CNN 2009: Efren Penaflorida

Tammy Official Writer
3040
Pemenang CNN Hero of The Year di tahun 2009 ini telah diumumkan. Efren Penaflorida, seorang guru berusia 28 tahun yang berasal dari Cavite City telah mengalahkan sembilan kontestan dari beberapa negara, termasuk kontestan dari Indonesia, Budi Soehardi.

Efren, yang adalah seorang pejuang pendidikan bagi anak-anak miskin di Filipina mendapatkan suara terbanyak yakni 2,75 juta online voting dalam tujuh pekan. Ia berhak atas uang tunai US$100.000 yaitu sekitar 944,5 juta rupiah untuk melanjutkan misinya dalam "Dynamic Teen Company."

"Planet kita dipenuhi para pahlawan, tua dan muda, kaya dan miskin, lelaki perempuan dengan berbagai warna kulit, bentuk, dan ukuran. Bersama-sama kita adalah sebuah permadani lebar," kata Peñaflorida dalam pidatonya di depan sekitar 3.000 hadirin. "Jadilah pahlawan bagi orang-orang di sekitar kalian yang membutuhkan kalian. Layani sesama lebih dari kalian melayani diri sendiri, dan layanilah dengan senang hati, dan berbahagialah karena telah melayani," tambahnya.

Efren PenafloridaEfren Penaflorida menciptakan sebuah program dimana dia membawakan buku-buku kepada anak-anak di daerah kumuh dan jalanan. Dengan sekitar 10.000 anggota tim yang kemudian dia bentuk, yaitu Dynamic Teen Company, ia berhasil membuat 1.500 anak muda menjadi melek huruf. Selain membaca dan menulis, anak-anak itu juga diajarkan mengenai kebersihan.

Sumber : vivanews.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami