Salut! Pemkot Surabaya Prioritaskan Pendidikan Anak Jalanan

Nasional / 12 November 2009

Kalangan Sendiri

Salut! Pemkot Surabaya Prioritaskan Pendidikan Anak Jalanan

Lestari99 Official Writer
2812

Prioritas kerja Pemkot Surabaya dalam hal mengentaskan kemiskinan  memang tidak main-main. Setelah sebelumnya memberikan modal usaha kerja bagi 1000 pengemis, pengamen dan anak jalanan masing-masing sebesar 1 juta rupiah, kali ini Pemkot Surabaya mengupayaan sekolah gratis bagi anak-anak jalanan (anjal) melalui kelas layanan khusus. Program ini memiliki anggaran cukup besar karena Pemkot menyediakan dana 20 persen dari APBD untuk anggaran pendidikan, termasuk biaya sekolah gratis bagi anak-anak dari keluarga miskin.

Pemkot menerjunkan tim ke lapangan dari setiap kecamatan untuk menjaring anjal agar bisa menikmati dan menjalani program pendidikan kusus ini. Salah satu kecamatan yang sudah menjalani program ini adalah Kecamatan Kenjeran, wilayah Surabaya Timur.

Ternyata, untuk menjaring anak-anak ini untuk mengikuti sekolah gratis bukanlah hal yang mudah. Karena sebagain besar dari mereka akan melarikan diri dan bersembunyi setiap kali melihat petugas karena takut tertangkap dan dimasukkan ke pusat rehabilitasi anak. Namun setelah mereka tahu bahwa mereka ditawarkan untuk sekolah, banyak dari antara mereka yang senang dan siap bersekolah lagi. Hal ini diungkapkan oleh Camat Kenjeran, Supomo, di Surabaya (12/11) seperti kami lansir dari republika.

Dalam usahanya ini, petugas lapangan dari Kecamatan Kenjeran berhasil menjaring 13 anak untuk disekolahkan melalui layanan khusus. Anak yang terjaring langsung didata dan diberi kesempatan untuk kembali ke bangku sekolah. Setelah itu, para petugas langsung mendatangi keluarga anak-anak tersebut meminta persetujuan orangtua. Program menyekolahkan anjal ini merupakan program kali pertama yang dilakukan oleh Pemkot.

Hal ini disambut baik oleh para orangtua dari keluarga miskin tersebut. Apalagi semua biaya dan kebutuhan lain untuk bersekolah seperti buku, pakaian dan lainnya disediakan secara gratis oleh Pemkot Surabaya. Semoga saja anak-anak jalanan ini bisa memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya sehingga mereka yang putus sekolah dapat mengenyam pendidikan yang memadai.

Sumber : republika
Halaman :
1

Ikuti Kami