Invest Di Unit Link Atau Asuransi Murni?

Investment / 12 October 2009

Kalangan Sendiri

Invest Di Unit Link Atau Asuransi Murni?

Tammy Official Writer
3470
Produk investasi yang berkaitan dengan asuransi tidak hanya asuransi murni semata. Ada juga yang disebut dengan Unit Link. Ada perbedaan antara kedua jenis asuransi ini. Unit link sendiri adalah produk gabungan antara asuransi dan investasi pada reksa dana. Untuk membandingkan mahal atau murahnya unit link, kita harus memecah dulu produk ini dan membandingkannya satu per satu dengan ‘saingannya.'
 
Jika kita bandingkan antara asuransi murni dan asuransi pada unit link, ya, bisa dibilang asuransi pada unit link lebih mahal daripada asuransi murni. Tapi perlu dipastikan lebih dahulu, asuransi seperti apa yang Anda maksudkan? Sebab, pada unit link ada berbagai macam asuransi yang bisa digabungkan. Tidak hanya asuransi jiwa, tetapi ada juga asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, dan sebagainya.
 
Untuk asuransi jiwa memang selisih sedikit lebih mahal bisa terjadi. Tapi hal ini sebanding dengan kepraktisan yang ditawarkan oleh unit link. Karena pada asuransi murni, kita harus mengambil beberapa jenis asuransi terpisah untuk asuransi jiwa, kesehatan, penyakit kritis, dan sebagainya. Tentu biaya pembelian akan lebih mahal, tapi hal ini masih bisa dipertimbangkan lebih lagi, karena cukup sulit untuk membandingkan antara asuransi yang satu dengan yang lain karena tak sama persis.
 
Unit Link - InsuranceNah, perbedaan antara unit link dengan berinvestasi ke reksa dana langsung dapat dirasakan dari kemudahannya. Jika kita bandingkan investasinya, biaya investasi pada unit link jelas lebih mahal karena akan langsung kena biaya sekitar 5% dalam bentuk selisih antara harga jual dan harga beli. Sedangkan jika kita investasi langsung ke reksadana, biayanya bisa mulai dari 0% hingga 2,5%. Tentu ini jauh lebih murah. Tapi biaya unit link ini dapat dikompensasikan dengan kemudahan berinvestasi. Dimana untuk investasi langsung ke reksadana, terkadang diperlukan dana investasi awal yang besar, sekitar 1-5 juta, sedangkan pada unit link bisa cukup hanya denan ratusan ribu rupiah saja.
 
Pertimbangan Anda untuk memilih adalah Anda bisa membandingkannya secara langsung. Artinya, coba pikirkan kebutuhan asuransi apa saja yang Anda perlukan, dan berapa nilai pertanggungannya. Apakah asuransi atau unit link yang Anda miliki sekarang itu sudah cocok dengan dengan kebutuhan Anda atau belum. Bandingkan juga dengan asuransi lain yang sama persis atau yang sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut.
Sumber : perencanakeuangan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami