Spritualitas Oprah Winfrey di Ekspose

Internasional / 9 October 2009

Kalangan Sendiri

Spritualitas Oprah Winfrey di Ekspose

Puji Astuti Official Writer
7458

Oprah Winfrey, wanita ini masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia. Ada jutaan bahkan mungkin miliaran orang di seluruh penjuru dunia yang dipengaruhi oleh acara talkshownya dan juga majalah "O"-nya yang sangat popular. Salah satu topik bahasan yang sering diangkatnya dan banyak menyentuh hati jutaan orang adalah "spiritualitas" dan Oprah menyatakan bahwa dirinya adalah orang Kristen.

Selain terkenal karena kerajaan media yang dibangunnya, Oprah juga dikenal karena berbagai kegiatan sosial dan kemurahan hatinya dalam membantu sesama. Oprah mengatakan bahwa dirinya begitu bersemangat melayani Tuhan. Namun sayangnya, ada satu hal yang tidak disadari banyak orang, "Tuhan" menurut Oprah berbeda dari apa yang di Alkitab.

Seorang Apologetika terkenal dan juga penulis buku best seller Josh McDowell dan didampingi oleh Dave Sterrett dari Probe Ministries International memaparkan hal ini dalam buku baru mereka yang berjudul - "O" God : Sebuah Dialog Kebenaran dan Spiritualitas Oprah - yang ditujukan kepada orang Kristen untuk belajar membedakan apa yang benar dan apa yang tidak dalam pengajaran yang begitu dasyat disampaikan Oprah melalu kerajaan medianya.

"Oprah merupakan salah satu orang paling berpengaruh di dunia, kata McDowell. "Dia bertindak dengan kepribadian yang fenomenal, dan saya memuji dia atas begitu banyak proyek yang baik untuk menolong orang lain, meskipun saya tidak setuju dengan apa yang dia ajarkan. Yang saya lakukan tidaklah mengajak orang-orang untuk melawan Oprah, tetapi membuat mereka berpikir tentang iman mereka sehingga mereka menemukan apa yang sungguh-sungguh benar, bukan hanya menyerah pada pandangan yang ada saat ini atau yang sedang popular di dalam budaya saat ini."

Pandangan spiritual Oprah membuat orang merasa nyaman dengan diri mereka sendiri, demikian ungkap Sterrett, hal ini secara alami menarik banyak orang. Tetapi fokus pada perasaan tanpa berpikir berdasarkan apa yang mereka percayai akan memimpin banyak orang pada kesesatan yang berbahaya.

"Banyak orang Kristen pada dasarnya sangat bergantung pada perasaannya. Mereka bertanya apa yang dirasanya baik untuk kehidupan mereka. Tetapi mereka tidak diselamatkan berdasarkan perasaan. Kita diselamatkan berdasarkan kebenaran yang diwahyukan oleh Allah,"demikian tambah Sterrett.

Para penulis buku ini mengharapkan dengan melihat perbedaan kebenaran Alkitab dan pengajaran Oprah hal tersebut bisa menginspirasi orang-orang Kristen untuk "memikirkan apa yang benar-benar penting".

Salah satu sorotan yang ada dalam buku ini adalah tentang pernyataan Oprah bahwa dia sebagai orang Kristen hanyalah mengikuti salah satu jalan yang akan membawanya pada Tuhan, dan bahwa semua orang apapun agamanya jika tulus menjalaninya akan diselamatkan. Tetapi Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa Yesus-lah satu-satunya jalan untuk terhubung dengan Tuhan.

Selain itu, Oprah juga mempercayai bahwa orang dapat menemukan kekuatan spiritual dengan terhubung dengan dirinya sendiri, itu sebabnya salah satu yang popular diajarkan Oprah adalah tentang Yoga.

Banyak hal yang dikupas dalam buku ini tentang pengajaran dan kepercayaan Oprah. Anda pasti akan diberkati ketika menemukan bahwa banyak dari kebenaran Alkita telah dikompromikan Oprah dengan kebudayaan dan apa yang sedang berkembang di jaman ini. Namun sebagai orang percaya, kebenaran yang ada dalam Alkitab tidaklah bisa dikompromikan.

Sumber : Cross Walk
Halaman :
1

Ikuti Kami