Memulai Perencanaan Keuangan Sedari Muda

Investment / 5 October 2009

Kalangan Sendiri

Memulai Perencanaan Keuangan Sedari Muda

Tammy Official Writer
2882
Orang-orang muda telah melakukannya. Mereka memiliki keseluruhan hidup mereka di depan mereka, dan waktu banyak untuk merencanakan pensiun. Masalahnya hanya sedikit yang benar-benar merencanakan. Bahkan bagi mereka yang menyimpan sejumlah persen yang cukup dari bayaran mereka jarang merencanakan bagi masa depan dan keuntungan-keuntungan dari akun pajak mereka yang seharusnya. Tetapi kabar baiknya adalah Anda bisa mencapai gol-gol finansial Anda jika Anda sudah memulainya sedari awal.

Untuk mencapai akhir dari itu, di bawah ini adalah beberapa tips yang akan menolong Anda memiliki masa pensiun yang nyaman.

Menabung
Seberapa banyak seharusnya Anda menabung? Tidak ada jawaban sempurna untuk itu. Bagaimanapun, Anda harus menabung sebanyak yang Anda bisa tanpa mempengaruhi secara negatif kualitas hidup Anda. Dengan kata lain, adalah OK untuk bersenang-senang di malam hari sekali-kali, atau sebuah latte di Starbucks - selama itu bukanlah sebuah kebiasaan sehari-hari yang tak menyisakan uang bagi Anda untuk disimpan.

Idealnya setiap orang seharusnya menyimpan setidaknya 10% dari gaji mereka setiap tahunnya. Itu tidak selalu terlihat memungkinkan - lagipula, hampir semua orang memiliki bulan-bulan dimana mereka tidak menyimpan seperak pun. Mungkin saja Anda harus membeli mesin cuci baru, atau ganti ban dan rem mobil Anda. Ketika Anda memiliki satu dari bulan-bulan tersebut, bagaimanapun, Anda seharusnya benar-benar mengencangkan ikat pinggang Anda di bulan selanjutnya.

Juga, pertimbangkan kebiasaan belanja Anda. Apakah Anda benar-benar membutuhkan paket televisi kabel super sport, langganan majalah, paket pulsa handphone, atau pakaian-pakaian dengan brand high-end? Tentu saja, ketika Anda muda, ini mungkin terdengar ekstrim, tetapi untuk jangka panjangnya, Anda membangun kebiasaan-kebiasaan bagus - dan menyimpan uang pada prosesnya.

Tempat Tinggal Anda
Banyak orang hidup diatas kemampuan mereka; mereka menaruh banyak uang untuk apartment high-end, atau membangun sebuah rumah besar dan mengambil hipotek yang di atas kepala mereka. Ini adalah sebuah kesalahan. Hiduplah dengan nyaman tetapi tidak diatas kemampuan Anda - tak peduli apa yang tetangga kaya sebelah Anda lakukan. Jika Anda tetap melakukannya, Anda kemungkinan besar tidak memiliki apapun yang tersisa untuk disimpan di akhir bulan dan Anda mungkin saja sedang menyusun rak hutang.

Hutang
Banyak penasihat keuangan merekomendasikan menggunakan pinjaman bunga rendah untuk mengukuhkan hutang-hutang dan mengurangi beban bunga tahunan. Ini sebenarnya adalah ide yang sangat baik. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda menghindari mulai menata ‘rak hutang' Anda. Jangan taruh apapun pada kartu kredit Anda yang Anda tidak akan mampu untuk membayar di akhir bulan mendatang. Jangan mengambil sebuah pinjaman ekuitas rumah dan jangan membiayai perlengkapan atau perbaikan rumah sampai setidaknya benar-benar dibutuhkan. Dengan kata lain, tunggulah hingga Anda memiliki uang di kantung Anda sebelum Anda membelanjakannya.

Perpajakan
Orang muda kebanyakan tidak berpikir mengenai pajak-pajak, tetapi mereka seharusnya memikirkan itu. Sebelum membeli sebuah rumah atau hidup di area tertentu, pertimbangkan untuk memeriksa berapa rate pajak properti-nya. Mungkin saja lebih masuk akal untuk tinggal di kota lain.

Jika Anda bekerja sebagai seorang konsultan, atau memulai bisnis Anda sendiri, atau memiliki pengeluaran-pengeluaran lain yang tidak di-reimbursed oleh perusahaan tempat Anda bekerja, pengeluaran-pengeluaran itu dapat dikurangi.

Sebagaimana untuk pajak pemasukan, pastikan untuk meng-apply pengurangan-pengurangan apapun dimana Anda mungkin dapat memenuhi.

Young Financial AdviceMerencanakan Sebuah Keluarga
Baik apakah Anda akan menikah, membeli sebuah rumah, memiliki anak, atau membuat perubahan besar dalam hidup Anda, Anda harus selalu mengevaluasi kembali situasi keuangan Anda. Apakah Anda memiliki simpanan yang cukup? Akankah Anda memiliki cukup uang untuk pension, membayar biaya kuliah anak atau membeli mobil sport yang selalu Anda inginkan ketika Anda pensiun?

Dan jangan lupa untuk mempertimbangkan asuransi kehidupan dan/atau asuransi cacat. Anda perlu memastikan bahwa keluarga Anda akan diperhatikan, jika, untuk beberapa alasan Anda tidak mampu untuk bekerja lagi.

Garis Bawahnya
Aksi-aksi Anda di masa sekarang akan memiliki dampak besar untuk menentukan bagaimana Anda hidup di masa pensiun Anda. Maka rencanakanlah dan simpanlah sekarang. Nikmati hidup Anda, tetapi hiduplah dengan berarti. Di masa depan, Anda akan bahagia karena Anda telah melakukannya di masa lalu!

Sumber : imvestopedia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami