Hubungan Tidur dan Imunitas

Info Sehat / 4 October 2009

Kalangan Sendiri

Hubungan Tidur dan Imunitas

agnes.faith Official Writer
4709
Bila badan Anda mulai tidak enak dan lemas, pasti Anda cenderung untuk mengkonsumsi vitamin C atau madu supaya sakitnya tidak berlanjut. Dan hal ini sangat pas untuk mencegah sakit flu mampir ke tubuh Anda.

Ternyata menurut studi terbaru dari The Archives of Internal Medicine, menunjukkan kurang tidur dan rentan terjangkit flu berjalan beriringan. Penelitian ini sangat masuk akal, karena tubuh yang lemah sebenarnya hanya memerlukan tidur yang cukup dan pikiran yang tenang.

Untuk mendukung studi ini maka 153 pria dan wanita diteliti selama dua minggu untuk mengetahui kualitas tidur mereka. Mereka di karantina selama 5 hari dan diberi virus flu.

Hasilnya adalah mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam 3 kali lebih rentan sakit dibanding dengan mereka yang jam tidurnya rata-rata 8 jam. Alasan mengapa tidur sangat berhubungan erat dengan sistem imunitas adalah karena hal itu dapat memproduksi sel darah putih lebih banyak.

Patogen penyebab penyakit dapat dilawan dengan tidur yang lebih banyak. Hal ini telah di teliti oleh para peneliti dari Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology.

Sumber : kompas.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami