Cara Aman Mendapatkan Kartu Kredit

Investment / 27 September 2009

Kalangan Sendiri

Cara Aman Mendapatkan Kartu Kredit

Puji Astuti Official Writer
3190

Jika Anda ingin mendapatkan kartu kredit pertama Anda, salah satu yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan tabungan Anda. Namun yang paling direkomendasikan sebenarnya adalah hidup tanpa kartu kredit.

Sebelum Anda mengajukan kartu kredit, sebuah nasehat yang perlu Anda selalu ingat adalah jangan menggunakannya untuk membeli segala jenis barang konsumsi seperti hiburan, pakaian, atau peralatan. Mengapa? Karena barang-barang tersebut biasanya habis masa pakainya sebelum kreditnya lunas.

Cara paling mudah mendapatkan kartu kredit adalah menabung dulu, lalu mengajukan kartu kredit dengan jaminan tabungan Anda tersebut. Sebagai contoh, jika Anda mengajukan kredit dengan limit 5 juta, Anda harus memiliki tabungan sejumlah sama atau bahkan lebih.

Jika kredit report Anda setelah itu bagus, maka kredibilitas Anda baik. Bahkan setelah itu, Anda akan dibanjiri oleh penawaran berbagai kartu kredit. Nah... hal ini cobaan yang perlu Anda hindari.

Banyak pasangan pernikahannya bisa berakhir hanya karena kartu kredit. Alasan awal untuk memiliki kartu plastik ini mungkin awalnya logis, namun dengan berjalannya waktu penggunaannya sudah diluar kendali lagi. Maka jika kartu plastik itu sudah membuat hidup Anda tidak nyaman, yang perlu Anda lakukan adalah memanaskan oven, meminyaki loyang kue dan melemparkan kartu itu ke loyang dan masukkan ke oven (Tentunya sesudah Anda membayar lunas semua hutang Anda). Atau jika Anda tidak mau rumah Anda berasap, cukup gunakan gunting Anda.

Ingatlah, hutang yang Anda buat dalam setahun, mungkin perlu waktu beberapa tahun untuk melunasinya. Namun percayalah, ini hanyalah masalah disiplin. Jika Anda disiplin membayar semua tagihan Anda, maka semua hutang Anda akan lunas. Tentunya jangan membuat hutang baru ya...

Sumber : Adaptasi dari : Panduan Lengkap Keuangan Bagi Pasang Muda; Larry Burkett; Visi Pressindo
Halaman :
1

Ikuti Kami