10 Langkah Finansial Aman Bagi 30 Tahun Ke Bawah

Investment / 24 September 2009

Kalangan Sendiri

10 Langkah Finansial Aman Bagi 30 Tahun Ke Bawah

Tammy Official Writer
3585
Menjadi aman secara finansial dan cukup untuk menikmati hidup Anda sewaktu masa pensiun adalah hal terakhir dalam pikiran bagi mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Selain itu, dengan penekanan untuk membeli yang mahal "pertama-tama" yang sering terjadi di usia ini, seperti membeli sebuah mobil, membeli rumah dan memulai sebuah keluarga, tampaknya sulit untuk bahkan berpikir mengenai menabung demi masa depan. Bagaimanapun, bekerja demi keamanan finansial perlu untuk melatih kelemahan diri sendiri, sebagaimana banyak orang asumsikan. Mencapai gol ini bahkan memiliki beberapa keuntungan yang lebih cepat, sebagaimana ketidak-amanan finansial bisa menjadi sebuah sumber stres serius - sesuatu yang twentysomethings telah cukup miliki.

Jadi bisakah Anda mencapai keamanan finansial jangka panjang tanpa mengorbankan gol-gol jangka pendek Anda? Bacalah 10 tips berikut agar bagaimana bisa melakukannya:

1. Have Fun
Nikmatilah diri Anda selagi Anda muda - Anda akan memiliki banyak waktu untuk menjadi sengsara ketika Anda tua. Memiliki kehidupan yang sukses, dapat dinikmati dan hidup bahagia adalah mengenai mencapai keseimbangan yang cukup antara waktu dengan keluarga dan teman-teman dan antara waktu bekerja dan bersenang-senang. Menekankan sebuah keseimbangan yang tepat antara hidup Anda di masa sekarang dan masa depan Anda juga sama pentingnya. Secara keuangan, kita tidak bisa hidup di masa sekarang sebagaimana di hari-hari terakhir kita nantinya. Kita harus memutuskan antara apa yang kita belanjakan di masa sekarang dengan apa yang kita belanjakan di masa depan. Menemukan keseimbangan yang tepat adalah sebuah langkah pertama yang tepat demi mencapai keamanan finansial.

2. Sadari Aset Keuangan Anda Yang Paling Penting: Diri Anda Sendiri
Keahlian-keahlian Anda, pengetahuan, dan pengalaman adalah aset terbesar yang Anda miliki. Nilai dari pendapatan-pendapatan di masa depan Anda akan mengerucutkan tabungan-tabungan atau investasi-investasi yang mungkin akan Anda miliki dalam karir Anda. Pekerjaan dan karir masa depan Anda adalah faktor paling penting dalam mencapai keuangan independen dan keamanannya. Bagi mereka yang baru saja masuk ke dalam dunia kerja, kesempatan-kesempatan karir masa depan sama bersinarnya. Jumlah besar dari para baby boomer yang pensiun diharapkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Akan ada ruang untuk peningkatan sebagaimana perusahaan-perusahaan berjuang untuk mengisi posisi-posisi yang dipegang oleh para baby boomer yang menua tersebut. Mereka yang berada di posisi untuk mengambil kesempatan-kesempatan tersebutlah yang mendapat paling banyak untung.

Lihatlah diri Anda sebagai sebuah aset finansial. Berinvestasi dalam diri Anda sendiri akan membuahkan hasil di masa depan. Naikkan nilai diri Anda melalui kerja keras, meningkatkan terus kemampuan-kemampuan dan pengetahuan Anda, dan membuat keputusan-keputusan karir yang cerdas. Usaha-usaha untuk meningkatkan karir Anda bisa memiliki dampak jauh lebih besar pada keamanan finansial Anda daripada mengencangkan ikat pinggang Anda dan mencoba untuk menyimpan lebih banyak lagi.

3. Jadilah Seorang Perencana, Bukan Seorang Penabung
Riset telah menunjukkan bahwa bagi yang merencanakan masa depan akan berakhir lebih sejahtera daripada mereka yang tidak melakukannya. Orang-orang yang sukses adalah orang yang berorientasi gol: mereka membuat gol-gol dan mengembangkan sebuah rencana untuk mencapainya. Sebagai contoh: jika Anda membuat sebuah gol untuk membayar student loans Anda dalam waktu dua tahun, Anda akan memiliki kesempatan lebih baik untuk mencapai gol ini daripada Anda mengatakan Anda ingin membayar semua student loan Anda, tetapi gagal untuk mengatur timetable-nya.

Jadilah seorang perencana. Aturlah gol-gol dan kembangkan sebuah action plan untuk mencapainya. Bahkan proses dari menulis beberapa gol akan menolong Anda untuk mencapainya. Menjadi goal-oriented dan mengikuti sebuah rencana berarti mengambil kendali dari hidup Anda. Ini adalah sebuah langkah penting demi meningkatkan independensi keuangan Anda dan keamanannya.

4. Siapkan Gol-gol Jangka Pendek - Gol-gol Jangka Panjang Akan Memperpanjangnya
Kehidupan memiliki banyak ketidak-pastian - dan banyak hal bisa berubah antara masa sekarang dan 30 tahun ke depan. Demikian pula, prospek dari perencanaan jauh ke depan adalah sebuah tugas menakutkan dan dalam banyak cara, itu lebih sering adalah sebuah pelatihan dalam kesia-siaan bagi para investor muda.

Young InvestorDaripada men-setting gol-gol jangka panjang, siapkanlah sebuah seri dari gol-gol jangka pendek. Gol-gol ini dapatlah simpel saja seperti membayar lunas hutang kartu kredit atau student loan dalam waktu beberapa bulan. Mungkin gol Anda adalah untuk mengkontribusikan perencanaan pensiun perusahaan Anda dengan sebuah set kontribusi reduksi gaji setiap bulannya. Menyiapkan gol-gol jangka pendek yang akan menolong Anda untuk meningkatkan karir Anda adalah penting untuk menolong Anda mencapainya. Ingatlah, gol-gol jangka pendek tersebut haruslah bisa diukur dan tepat. Anda tidak bisa memenangkan sebuah balapan jika tidak ada garis akhir.

Sebagaimana Anda mencapai gol-gol jangka pendek Anda, siapkanlah gol-gol jangka pendek lainnya. Mungkin Anda ingin untuk membeli sebuah rumah, mendapatkan sebuah promosi pada pekerjaan atau membeli sebuah mobil baru. Setting yang konstan dan mencapai gol-gol jangka pendek akan memastikan bahwa Anda mencapai gol-gol jangka panjang Anda. Jika gol Anda adalah mendapatkan milyaran di usia 40an, Anda tidak mencapai ini tanpa pertama-tama mencapai gol-gol lebih kecil seperti mendapat 50 juta rupiah, 300 juta rupiah, atau 900 juta rupiah.

5. Menyiapkan Untuk Pensiun: Lupakan Saja?
Baru saja lulus belajar, perencanaan pensiun adalah hal terakhir dalam pikiran Anda. Maka, jika haruslah sekarang, lupakan saja. Jika Anda mengikuti tips-tips lainnya, Anda tidak hanya akan lebih aman secara finansial dan dipersiapkan dalam jangka pendek, tetapi Anda juga akan lebih siap secara finansial untuk masa depan yang lebih jauh.

Jika Anda mengimplementasikan ideal pay yourself first, Anda tidak harus khawatir mengenai berapa banyak Anda berkontribusi: hal paling penting adalah untuk mengembangkan kebiasaan menabung. Sisanya merupakan perpanjangan. Anda bisa meningkatkan kontribusi-kontribusi Anda ketika pendapatan Anda meningkat atau ketika Anda telah menerima lebih dari gol-gol finansial jangka pendek Anda.

6. Pastikan Gaya Hidup Anda Berbiaya Lebih Rendah Dari Pertumbuhan Pendapatan Anda
Banyak lulusan baru menemukan dalam beberapa tahun pertama bekerja, mereka memiliki aliran uang yang berlebihan. Masih terbiasa dengan kebiasaan berbelanja mereka sebagai pelajar yang hemat, adalah mudah untuk mendapatkan uang lebih dari yang mereka butuhkan. Daripada menggunakan pemasukan berlebihan ini untuk membeli mainan-mainan baru dan hidup dengan gaya hidup yang lebih mewah, kelebihan ini bisa ditaruh untuk mengurangi hutang atau ditambahkan ke tabungan. Sebagai Anda mengalami peningkatan dalam karir Anda dan mendapati tanggung jawab yang lebih besar, gaji Anda akan meningkat. Jika biaya dari gaya hidup Anda kurang dari pertumbuhan pemasukan Anda, Anda akan selalu memiliki cash flow lebih yang bisa ditaruh untuk menutup hutang, membuat investasi-investasi, tabungan untuk sebuah rumah, atau menerima gol-gol finansial lain yang mungkin Anda miliki.

Dimana kebanyakan orang masuk ke dalam masalah jika mereka merasa punya hak untuk sebuah standar hidup yang lebih dari yang bisa mereka raih. Bagaimanapun, jika Anda menjaga standar hidup Anda dibawah pemasukan-pemasukan Anda, Anda tidak harus memotong banyak hal untuk mengakumulasi uang; melainkan, Anda secara alami memiliki cash flow lebih karena Anda memiliki pemasukan lebih daripada yang Anda butuhkan untuk hidup.

Hidup yang baik haruslah upah dari kerja keras Anda, rejeki yang baik dan perencanaan yang sukses, bukan sesuatu yang Anda rasa merupakan hak Anda. Sekali Anda telah mendirikan sebuah gaya hidup tertentu, sangatlah sulit secara psikologi untuk merendahkannya. Tetapi sangat mudah untuk menaikkannya.

7. Janganlah Menjadi Buta Finansial
Membuat uang adalah satu hal: menyimpannya dan menjadikannya bertumbuh adalah hal yang lain. Manajemen finansial dan berinvestasi adalah upaya seumur hidup. Membuat keputusan-keputusan finansial dan investasi adalah penting untuk mencapai gol-gol finansial Anda. Semakin berpengetahuan dan berpengalaman Anda dalam permasalahan-permasalahan finansial, semakin sedikit kesalahan-kesalahan yang akan Anda lakukan.

Riset telah menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak buta finansial berakhir lebih sejahtera daripada mereka yang tidak. Ada sebuah insentif moneter yang kuat untuk menjadi canggih finansial. Ambillah waktu dan usaha untuk menjadi berpengetahuan dalam area-area dari keuangan personal dan berinvestasi akan terbayar lunas di sepanjang hidup Anda.

Young Investor8. Raihlah Kesempatan-kesempatan: Ambillah Resiko-resiko Yang Telah Terkalkulasi
Ambillah resiko-resiko terkalkulasi ketika Anda muda bisa menjadi sebuah keputusan bijaksana untuk ke depannya. Anda bisa saja melakukan kesalahan-kesalahan di sepanjang jalan, tetapi ingat, kesalahan-kesalahan adalah pelajaran-pelajaran dari hikmat. Juga, ketika Anda muda, Anda bisa pulih lebih cepat dari kesalahan-kesalahan finansial, dan Anda memiliki banyak tahun untuk pulih.

Contoh-contoh dari resiko-resiko berkalkulasi mungkin termasuk pindah ke sebuah kota baru dengan lebih banyak kesempatan-kesempatan kerja, kembali ke sekolah untuk pelatihan tambahan atau mengambil sebuah pekerjaan baru pada sebuah perusahaan berbeda untuk bayaran lebih rendah tetapi potensial lebih tinggi. Memulai sebuah perusahaan baru, bekerja untuk sebuah perusahaan pemula kecil, atau berinvestasi dalam saham-saham high risk/high return, adalah lebih mudah dilakukan ketika Anda muda. Orang muda bisa mengusahakannya untuk mengambil resiko, dan kesempatan-kesempatan yang sama mungkin tidak akan ada lagi selanjutnya dalam kehidupan. Sebagaimana orang semakin tua dan mengasumsikan lebih bagi tanggung jawab-tanggung jawab keluarga seperti membayar hipotek atau menabung untuk pendidikan anak, banyak yang memilih untuk bermain aman dan tak bisa menggunakannya untuk kesempatan-kesempatan yang lebih beresiko.

Mengambil resiko-resiko yang telah terkalkulasi ketika Anda bisa melakukannya adalah perlu untuk mencapai finansial. Memainkannya dengan aman mungkin saja adalah kesalahan terbesar untuk ke depannya.

9. Pinjamlah Uang Untuk Investasi-investasi - Bukan Untuk Membiayai Sebuah Gaya Hidup
Meminjam uang haruslah digunakan hanya untuk berinvestasi - dimana keuntungan Anda akan digunakan untuk biaya-biaya pinjaman. Ini bisa berarti berinvestasi baik dalam bentuk literal (untuk saham, obligasi-obligasi, dll) atau itu mungkin berarti berinvestasi dalam diri Anda bagi pendidikan anda, pelatihan ekstra, untuk memulai sebuah bisnis atau untuk membeli sebuah rumah. Dalam kasus-kasus ini, meminjam bisa menyediakan pengaruh yang Anda butuhkan untuk mencapai gol-gol keuangan Anda lebih cepat. Meminjam untuk mempertemukan keinginan-keinginan jangka pendek adalah kontraproduktif.

10. Ambillah Keuntungan Dari Finansial Gratis
Tak ada banyak hal dalam hidup ini yang gratis. Jika Anda masuk ke dalam perencanaan pensiun perusahaan, ambillah uang gratis yang ditawarkannya dan pastikan Anda berkontribusi setidaknya pada maksimum apa yang perusahaan Anda akan cocokkan.

Kesimpulan
Mencapai independensi keuangan adalah sebuah gol yang kebanyakan orang mesti perjuangkan. Itu tidaklah selalu mudah, tetapi itu bisa dicapai jika Anda mengerti prioritas-prioritas Anda, mengatur gol-gol yang bisa diraih dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencapai mereka


Sumber : investopedia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami