Jack Hutchings, Orang Buta Yang Sukses

Entrepreneurship / 20 September 2009

Kalangan Sendiri

Jack Hutchings, Orang Buta Yang Sukses

Puji Astuti Official Writer
7302

Jack Hutchings adalah pria kaya. Ia adalah seorang pengusaha yang sukses di bidang permobilan di Detroit dan rumahnya mungkin adalah yang terbesar di Ft. Lauderdale. Ia suka duduk tinggi di anjungan kapalnya, Lady Colombo, ketika menelusuri Intracoastal Waterway.

Namun tahukah Anda, ditengah semua gemerlap dan kemewahan yang dimilikinya, Jack buta dan tidak bisa melihat semua itu. Jack menderita rhinitis pigmentosa. Namun hebatnya, Jack bahkan pernah memenangkan Horatio Alger Award atas kesuksesan yang diraihnya dengan melewati masa-masa yang begitu menyedihkan.

Jack pernah bercerita pada Dave Thomas, pendiri Wendy's dan penulis buku "Bagus Sekali" tentang masa kecilnya. Orangtua Jack adalah para peminum berat. Dia sering dikurung di mobil, sementara ayah dan ibunya minum-minum di bar. Hingga akhirnya di umur 16 tahun, Jack ditendang keluar rumah. Pada usia itu, Jack sudah hampir buta dan pada usia 30 tahun penglihatannya lenyap selamanya.

Tetapi Jack adalah seseorang yang istimewa.

Pertama, dia adalah seorang penyanyi dan seorang rocker. Ia menyanyi dengan sebuah kelompok yang dikenal sebagai High Tones. Ia pernah memenangkan beasiswa untuk kuliah di New York Conservatory Music, tetapi ia tidak pernah ambil kesempatan itu.

Jack malah memulai karirnya sebagai seorang pelayan kedai minuman Kresge. Sasaran yang ingin diraihnya adalah Mr. Sedotan. Ia rindu untuk bisa menjadi manajer kedai minuman di toko Kresge terbaru di Pontiac pada tahun 60-an itu, tetapi karena usianya baru 21 tahun, Kresge tidak bisa memberikan pekerjaan itu kepadanya. Jadi Jack pergi untuk bekerja disebuah perusahaan kecil yang membuat pipa-pipa sampai ia benar-benar menguasainya.

Setelah itu Jack memutuskan untuk bekerja sendiri dan mulai membengkokkan pipa-pipa digarasi rumahnya dengan penerangan lampu 40 watt dan mata yang sudah mulai rabun. Itu bukanlah hal mudah, ia bahkan sempat mengalami masa-masa kesulitan keuangan. Sekalipun demikian Jack tetap bertahan.

Pada tahun 60-an itu AC mobil mulai populer dan manjadi daya tarik tersendiri bagi mobil buatan tahun itu. Jack Hurchings memiliki keberanian luar biasa untuk memanfaatkan trend ini. Ia tahu bahwa mobil yang menggunakan AC membutuhkan pipa-pipa yang melingkar. Akhirnya hal tersebut  menjadi fokus Jack: membentuk dan memasok pipa-pipa melingkar ke perusahaan-perusahaan besar seperti General Motors. Dan Jack mendapat uang yang banyak dari usaha itu.

Sekarang Jack sering mengadakan perjalanan dengan salah satu dari dua pesawat jet perusahaannya untuk mengawasi semua operasi usahanya. Jack bahkan mengenal mobil luar dalam. Dia bahkan bisa merasakan mutu dan hasil pengecatan sebuah mobil.

Jack memiliki 16 perusahaan di seluruh Amerika Utara. Sekalipun Jack tidak bisa melihat, namun dia bisa mendengar. Dan pendengarannya memampukannya mengendalikan sebuah bisnis raksasa yang luar biasa. Orang buta yang menuntun orang melihat, itulah Jack saat memimpin usahanya. Dia adalah sebuah panutan dimana keterbatasan, kemalangan dan sesuatu yang buruk tidak bisa menghentikan orang yang ingin mencapai sesuatu yang terbaik dalam hidup ini. Jack bisa, begitu juga dengan Anda. Jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha.

Sumber : Bagus Sekali; Dave Thomas; Metanoia
Halaman :
1

Ikuti Kami