Anggaran Keluarga Yang Bebas dari Stres

Investment / 18 September 2009

Kalangan Sendiri

Anggaran Keluarga Yang Bebas dari Stres

agnes.faith Official Writer
2617

Kuncinya adalah daya tahan dan kesabaran. Apakah Anda ingin memulai suatu tahun yang baru dengan memiliki kehidupan keuangan yang tanpa kekuatiran dan mudah dikontrol? Jika ya, maka Anda harus membuat anggaran.

Pertama, Anda harus mengetahui keadaan keuangan Anda saat ini, yaitu pendapatan dan pengeluaran bulanan. Jika Anda tidak menerima pendapatan yang tetap setiap bulannya, tentukan pendapatan rata-rata bulanan dengan cara menghitung pendapatan tahunan dibagi 12. kurangkan pajak dan potongan-potongan yang sudah pasti (seperti tabungan pension, asuransi kesehatan, dll) untuk mendapat penghasilan bersih Anda.

Langkah selanjutnya, Anda harus menemukan ke mana uang Anda pergi. Buatlah pada kolom terpisah untuk kategori pengeluaran bulanan Anda: rumah, utilitas (listrik, air dan telepon), makanan, transportasi, pakaian, kesehatan, asuransi, utang, hiburan, tabungan, persembahan, dan "lain-lain". simpan rata-rata pengeluaran untuk setiap kategori selama 3 bulan terakhir. Masukkan pula hal-hal yang memerlukan pembayaran tahunan seperti asuransi, pajak ataupun beberapa pengeluaran tahunan lainnya (langganan Koran dan majalah juga bisa dimasukkan dalam kategori ini).

Sekarang lacaklah uang tunai yang Anda keluarkan selama 30 hari terakhir, dengan memasukkan setiap pengeluaran pada kategori yang tepat. Kemudian, jumlahkan semua kategori di atas untuk mendapatkan pengeluaran total selama satu bulan.

Sekarang, kurangkan pendapatan bulanan dengan total pengeluaran bulanan. Jika nilainya tidak positif, jangan gelisah. Duduklah dan perhatikan setiap angka. Apakah semua angka yang tertera telah mewakili tujuan Anda? pengeluaran bagian mana yang mudah dikurangi? Tentukan beberapa cara untuk mengatur pengeluaran pada kategori tertentu. Meskipun termasuk dalam "pengeluaran tetap" seperti rumah, transportasi dan makanan, kategori pengeluaran ini tetap dapat dikurangi jika berada pada proporsi yang tidak tepat. Secara umum, jika jumlah tiga kategori ini lebih dari 65% pendapatan Anda, Anda harus menguranginya.

Pada titik ini, cobalah hidup dengan anggaran Anda selama beberapa bulan. Cocokkan pengeluaran yang benar-benar Anda jalankan dengan perkiraan yang telah Anda tetapkan, dan teruslah memantau pengeluaran Anda. jika Anda menemukan bahwa telah mengeluarkan terlalu banyak pada suatu kategori, alokasikan kembali dana Anda. anggaran hanyalah merupakan tuntunan. Jadi, apabila situasi berubah, maka Anda perlu melakukan penyesuaian.

Apa pun yang Anda lakukan, berusahalah menepati anggaran yang sudah ditetapkan. Anggaran tidak hanya memerlukan konsistensi, tetapi juga fleksibilitas. Mungkin akan memerlukan waktu sekitar 6 bulan untuk menentukan anggaran yang tepat bagi keluarga Anda. jika Anda mengikuti anggaran tersebut, Anda akan menemukan kebebasan financial sekaligus damai di hati. Kedua hal ini merupakan sesuatu yang tidak dapat dinilai.

Sumber : 3 Prinsip Menuju Kebebasan Finansial - Benny Santoso & Wiyono Pontjohary
Halaman :
1

Ikuti Kami