Kleptomania

Psikologi / 2 September 2009

Kalangan Sendiri

Kleptomania

agnes.faith Official Writer
3360

 

\"\"Gangguan kejiwaan ini akan berdampak buruk bagi pelakunya. Untuk sebagian kleptomania bisa jadi tertekan, menjauhkan diri dari pergaulan, lebih suka menyendiri, dan depresi. Karena itu, seorang kleptomania memerlukan pertolongan, dan kita bisa menolong mereka. Caranya mudah. Jangan menjauhi atau memusuhinya. Karena hal ini hanya akan membuat penderita semakin terpuruk.

Kita bisa berusaha memberi pengertian, misalnya dengan mengingatkan kalau dia bisa sembuh dari ‘hobi'nya mencuri dan kita bersedia mendukungnya untuk meraih kesembuhan itu. karena bagaimanapun, penderita memerlukan dorongan dan dukungan dari orang-orang di sekelilingnya yaitu keluarga, teman, guru, kakak rohani,dll. Ia butuh tim pendukung.

Untuk penderita, ada hal-hal yang harus dilakukan. Yaitu: pertama harus ada kesadaran dan keinginan untuk sembuh. Dan hal itu harus datang dari diri sendiri. kedua, akui kalau Anda memang mempunyai masalah dan membutuhkan pertolongan. Anda bisa menceritakan dan mencari pertolongan pada orangtua, kakak rohani atau orang yang Anda percayai. Ingat bahwa segala sesuatu yang dirahasiakan akan memperkuat dorongan untuk melakukannya.

Ketiga, Anda bisa mencari tahu penyebab kleptomania Anda dengan bantuan psikolog. Dengan mengetahui penyebabnya akan lebih memudahkan menyelesaikannya. Keempat, bentuklah im pendukung. Mintalah keluarga, teman, dll untuk bersedia mengontrol dan mengawasi perilaku Anda.

Kelima dan terpenting, akui ketidakmampuan Anda dihadapan Tuhan.

Sumber : kingdom magazine
Halaman :
1

Ikuti Kami