Meraih Sukses Dalam Mengelola Bisnis Online

Investment / 30 August 2009

Kalangan Sendiri

Meraih Sukses Dalam Mengelola Bisnis Online

Budhi Marpaung Official Writer
2986

Perkembangan dunia maya atau lebih dikenal dunia online saat ini menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan untuk Anda bisa menanamkan uang Anda. Pengguna internet di Indonesia yang semakin banyak dan semakin menjamurnya tempat mengakses internet menjadi alasan logis mengapa bisnis online begitu menggiurkan untuk dijadikan sebagai ladang berinvestasi.

Prinsip-prinsip di bisnis online tidaklah berbeda ketika Anda pertama kali akan mengelola bisnis biasa. Oleh karena itu, perhatikan tips bagaimana sukses dalam mengelola bisnis online:

1. Jenis Usaha. Sebagai langkah pembuka Anda dalam membuka sebuah bisnis atau melakukan investasi adalah tentukan jenis usaha yang Anda lihat dan yakini bisa mendatangkan uang. Misalkan menjual produk, jasa, informasi, iklan (seperti iklan baris.com) atau menjalankan produk orang lain. Jangan lupa untuk memperhatikan persaingan bisnis dan di mana penekanan bisnis Anda. Apakah jenis usaha Anda lebih mengutamakan harga, kualitas, servis atau selling point semata.

2. Nama Komersil. Sebisa mungkin carilah nama domain yang tidak terlalu panjang, tetapi mudah diingat. Hal ini penting karena nama yang akan Anda pakai ketika mempromosikan bisnis Anda akan mencerminkan bisnis yang Anda geluti. Salah satu keuntungan memiliki nama domain yang tidak terlalu panjang dan mudah diingat adalah dapat menarik banyak konsumen untuk paling tidak melihat apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

3. Sewa Tempat. Banyak website saat ini memberikan informasi mengenai cara membuat, mendesain, memasang website di internet. Namun, jika Anda memutuskan membuat website sendiri, ikuti beberapa langkah berikut: 1) Buat sebuah file yang biasanya ber-extention html. Setelah selesai, upload file tersebut ke webserver. 2) Selesai upload ke web server, kemudian tentukan nama domain Anda, misalnya www. namaanda.com yang akan mengarah pada file Anda di webserver. Walaupun Anda juga bisa menyewa jasa orang lain. 3) Saat ini banyak templete website ataupun blog di internet yang semakin memudahkan Anda membuat website secara cepat dan instant, misalnya blogspot.com atau wordpress.org. 4) Tak kalah penting, Anda harus memilih web host untuk menempatkan website Anda jadi ‘tuan tanah' alias pemilik domain terpercaya. Anda tentunya tidak ingin kehilangan pelanggan karena ‘toko' Anda sering ditutup dalam rangka perbaikan (Underconstruction) bukan?. Web host yang bagus menawarkan jaminan selalu buka, bisa mengatasi traffic pengunjung yang padat, menjawab pertanyaan Anda secara realtime online alias mudah dihubungi setiap saat.

4. Toko Segala Ada. Seperti ketika Anda mendesain toko offline Anda, buatlah konsep yang sama untuk toko online Anda. Buatlah toko online yang bagus sehingga para pengunjung dalam dunia maya tersebut dapat disenangkan dan merasakan diberi kemudahan dalam mencari barang misalkan adanya fasilitas search engine atau mesin pencari. Sebisa mungkin desain website harus mencerminkan image atau produk yang Anda jual. Misalnya professional, hip, upscale dan lainnya.

5. Gencar Promosi. Suka atau tidak, melakukan kegiatan promosi dengan gencar kepada para netter (pengguna internet) baik secara individu, kelompok ataupun berbentuk korporasi akan membuat website Anda akan semakin dikenal dan tentunya banyak dikunjungi juga. Gunakan fasilitas promosi di internet, seperti memasukkan web ke search engine, berpromosi di iklan baris dan undang orang lain untuk masuk ke web Anda. Bisa juga dengan saling bertukar banner dengan web lain atau dengan membeli space banner di web yang banyak pengunjung. Jika ingin gratisan, cukup tulis alamat web di signature setiap mengirim e-mail. Atau Anda bisa ikutan aktif dalam grup diskusi atau forum dengan tak lupa menulis web signature Anda.

6. Puaskan Pelanggan. Yang namanya toko atau tempat berjualan pasti mengutamakan customer service yang bagus. Terapkan hal ini juga ke toko online Anda dengan cara pemberian informasi online yang terus update, menjawab pertanyaan yang dikirimkan pengunjung dengan cepat, cara pemesanan dan pembayaran yang mudah, serta pengiriman dan menerima pengembalian barang yang tidak sesuai pesan dengan cepat juga.

Bagaimana, merasa tertarik dengan bisnis investasi yang satu ini? Bila iya, yang perlu Anda lakukan saat ini adalah mulailah mempraktikan langkah-langkah dari awal  diatas. Selamat berinvestasi!!

Sumber : tipsanda.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami