Memilih Makanan Sahabat Gigi

Gizi & Nutrisi / 25 July 2009

Kalangan Sendiri

Memilih Makanan Sahabat Gigi

Budhi Marpaung Official Writer
4828

Tahukah Anda, bahwa pola makan yang sehat mempunyai pengaruh terhadap kesehatan gigi dan gusi? Setidaknya itulah hasil penelitian yang dikutip salah seorang jurnalis kesehatan website www.kompas.com hari kamis (23/7).

Dituliskan disitu bahwa menggosok gigi minimal dua kali sehari itu masih belum cukup. Harus ada makanan yang turut membantu menjaganya. Salah satu jenis makanan yang bisa menolong gigi dan gusi tetap sehat adalah aneka buah dan sayur.

Manfaat mengkonsumsi sayuran dan buah dalam jumlah tertentu berkaitan dengan masalah sekitar mulut ini adalah jenis makanan ini dapat merangsang produksi saliva (air ludah), yang penting untuk proses mineralisasi dan menjaga bakteri dalam rongga mulut tetap stabil.  

Beberapa jenis buah dan sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah dan sayuran berwarna jingga seperti jeruk, nanas, paprika, jagung; yang kedua, buah dan sayuran berwarna hijau seperti apel, brokoli, selada, asparagus, sawi, dan sebagainya.

Pemilihan kedua jenis buah dan sayuran ini pasti memiliki keunggulan dibanding yang lainnya. Untuk jenis buah dan sayuran berwarna jingga, pada umumnya kaya akan antioksidan, khususnya vitamin C. Sedangkan jenis buah dan sayuran berwarna hijau berguna untuk menjaga daya penglihatan, memelihara kekuatan tulang serta gigi.

Pola makan yang sehat dan seimbang tentunya dalam hal ini dengan konsumsi lebih banyak buah dan sayuran akan sangat membantu gigi dan gusi mendapat zat-zat yang penting bagi keduanya. Jadi, segeralah mengkonsumsi makanan-makanan diatas dan rasakan khasiatnya dalam hidup Anda. Jangan lupa, sikat giginya juga ya!!  

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami