Puasa Dan Detoksifikasi

Solusi Sehat / 14 July 2009

Kalangan Sendiri

Puasa Dan Detoksifikasi

agnes.faith Official Writer
4195

Manfaat puasa

Puasa menyempurnakan program kombinasi makanan serasi. Meskipun pola makan ini sendiri sudah berfungsi detoksifikasi, namun masih bersifat fisik. Sedangkan puasa adalah detoksifikasi yang bersifat total dan holistik. Artinya tujuan pembersihan bukan hanya sebatas fisik aja, tetapi juga meliputi pembersihan dan peningkatan energy pada jiwa dan pikiran.

Banyak cara puasa yang dapat dikombinasikan dengan program ini, termasuk puasa 30 hari atau 40 hari penuh. Sedangkan berpantang dari makanan-makanan yang disukai atau makanan tertentu tidak dapat dikategorikan sebagai puasa. Secara keseluruhan sekedar berpantang tidak dapat memberikan nilai tambah pada kesehatan karena yang penting bagi kesehatan bukanlah jenis atau jumlah makanannya, tetapi pola makannya.

Mengapa perlu puasa

Setiap hari Anda mandi untuk membersihkan tubuh. Setiap hari Anda juga membersihkan rumah agae lingkungan Anda sehat dan segar. Tetapi bagaimana dengan kebersihan bagian dalam tubuh Anda? Kebanyakan orang memang lebih peduli pada penampilan luar daripada kebersihan bagian dalam tubuhnya. Secara alamiah usus besar memang tempatnya kotoran, sehingga wajar saja jika Anda menganggap bagian dalam tubuh tidak harus bersih seratus persen. Namun tahukah Anda bahwa hal ini akan menjadi tidak wajar apabila fungsi pembuangan mulai tidak mampu mengantisipasi jumlah kotoran yang terbentuk?

Berapa lama berpuasa?

Puasa selama 7 sampai 10 hari telah dibuktikan aman bagi siapa saja. Puasa sepanjang waktu itu ternyata sangat efektif untuk tujuan pembersihan bagian dalam, regenerasi sel dan peremajaan tubuh, asalkan dilakukan secara teratur dan berkala.

Bagi yang belum pernah puasa, bisa mulai berlatih dengan puasa sedikitnya 2 atau 3 hari. Proses puasa itu sendiri sebenarnya baru dimulai setelah hari ke2 atau ke3 puasa. Pada saat itu tubuh mulai mencerna sel-sel dan jaringan berlebihan, rusak, berpenyakit, using, atau sudah mati. Namun kunci yang paling penting dalam berpuasa adalah memperhatikan tata tertibnya dan melakukannya secara teratur dan berkala. Tanpa itu, puasa 40 hari pun tidak akan ada manfaatnya bagi diri Anda.

Sumber : Food combining - Andang Gunawan
Halaman :
1

Ikuti Kami