10 Tips Belanja Makanan Dengan Hemat

Investment / 26 June 2009

Kalangan Sendiri

10 Tips Belanja Makanan Dengan Hemat

Budhi Marpaung Official Writer
2606

Salah satu kebutuhan manusia adalah makan. Tanpa makan, energi yang dimiliki oleh manusia pastilah tidak maksimal. Oleh karena itu, setiap orang pasti membuat anggaran untuk memenuhi salah satu kebutuhan pokoknya tersebut.

Sebelum membuat anggaran keuangan khususnya berkaitan dengan makanan ini sebaiknya Anda perlu mempelajari beberapa hal agar uang yang Anda keluarkan tidak terlalu banyak keluar. Ketika Anda memperhatikan hal-hal ini maka Anda sebenarnya telah menyimpan uang yang dapat digunakan untuk hal-hal lainnya atau investasi ke depannya.

1. Jangan belanja ketika Anda lapar. Mungkin diatara Anda pernah mendengar istilah ini, tetapi ini adalah benar. Ketika Anda lapar di waktu pagi hari dan menemukan bahwa di ruangan Anda tidak ada makanan maka yang Anda lakukan adalah langsung pergi ke toko/mini market. Tanpa sadar, ketika Anda sedang dalam keadaan perut yang tidak diisi makanan maka makanan yang Anda beli pun sangat banyak. Pada akhirnya, Anda akan menyesal karena membeli makanan yang begitu banyak.

2. Selalu membuat daftar. Ketika Anda hendak membeli bahan-bahan makanan untuk keperluan pribadi maupun keluarga jangan lupakan hal ini, yakni membuat daftar belanjaan makanan. Hal ini juga menghindari Anda lupa membeli makanan apa yang sebenarnya sudah Anda rencanakan sebelumnya.

3. Ambillah sebuah kalkulator. Membawa kalkulator pada saat hendak berbelanja makanan merupakan hal yang seharusnya Anda lakukan karena dengan melakukan demikian sebenarnya Anda sedang menyesuaikan pengeluaran yang Anda buat dengan anggaran yang telah dibuat sebelumnya.

4. Buatlah daftar menu selama seminggu. Putuskan apa yang hendak Anda makan nantinya ketika pagi hari, siang hari, dan malam hari sebelum Anda pergi berbelanja. Hal ini sangat membantu sekali agar Anda tidak membeli makanan yang kurang perlu.

5. Kurangi waktu makan Anda. Merencanakan waktu makan akan sangat membantu Anda dalam menyimpan uang Anda. Hal ini jangan dilihat sebagai tindakan Anda yang pelit terhadap pemenuhan kebutuhan pokok ini melainkan sebenarnya Anda sedang berlaku bijak dalam mengatur pola makanan Anda.

6. Jangan membuang makanan. Hal ini ditujukan kepada orang yang suka meninggalkan makanan. Janganlah membuang makanan. Adanya anjuran ini bukanlah karena kepercayaan orang dulu terhadap masa depan orang yang melakukannya, tetapi karena penghargaan akan uang yang Anda telah keluarkan untuk makanan tersebut. Ketika Anda menghargai makanan yang Anda makan sebenarnya Anda juga menghargai Tuhan yang telah memberikan berkat dalam hidup Anda.  

7. Pakailah kupon. Hal ini mungkin jarang atau kurang lazim dilakukan oleh Anda atau orang-orang di Indonesia. Tetapi, di banyak tempat di luar negeri hal ini sangat berguna dalam hal menyimpan uang mereka.

8. Belanjalah seorang diri. Tidak sedikit orang, khususnya ibu-ibu yang membawa anak mereka yang masih kecil ketika berbelanja. Hal ini sebenarnya adalah peluang yang terbuka bagi uang Anda akan keluar dengan lancarnya. Terkadang hal ini menjadi masalah karena Anda akan membeli makanan yang tidak perlu. Karena itu, ambillah sikap untuk berbelanja seorang diri hari ini.

9. Bandingkan toko - Lihatlah harga diantara tiap toko. Dengan membandingkan harga-harga di tiap toko yang Anda masuki membuat Anda dapat menentukan pilihan kemana Anda akan membeli makanan sesuai dengan toko mana yang memberikan harga yang lebih murah.  

10. Lihatlah ke bawah. Ketika Anda berbelanja, perhatikan produk makanan yang dekat dengan lantai. Biasanya produk makanan yang mahal ditempatkan ditempat atas rak, sedangkan yang murah dibawah rak.

Sumber : christianmoneymountain.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami