Debat Capres Terasa Datar dan Kurang Greget

Nasional / 18 June 2009

Kalangan Sendiri

Debat Capres Terasa Datar dan Kurang Greget

Puji Astuti Official Writer
3048

Setelah debat capres berlangsung hampir selama dua jam, suasananya sangat datar. Daripada dikatakan sebagai debat, ketiga capres, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla lebih cocok sedang melakukan tanya jawab. Pada pemaparan awal tentang visi dan misi, ketiga capres tersebut hampir mirip namun tidak sesuai harapan. Hal ini juga diungkapkan oleh Burhanuddin Muhtadi, seorang pengamat politik dan juga peneliti senior Lembaga Survei Indonesia.

"Secara umum, kualitas debat malam ini yang dipertontonkan ketiga capres di bawah standar. Ketiga capres lebih banyak bicara visi, tapi miskin agenda," hal ini disampaikan Burhanudin kepada Kompas.com melalui pesan singkat.

Debat capres kali ini mengundang banyak perhatian masyarakat dari berbagai kalangan, karena rakyat menaruh harapan yang sangat besar pada presiden yang akan terpilih pada Pemilu 2009 ini.

Pada acara yang ditayangkan secara live oleh Trans TV tersebut, terlihat antusias hadirin bukan hanya dari kalangan politisi saja, tetapi juga para artis juga tampang meramaikan suasana debat capres di studio tersebut. Tampak hadir Agnes Monica, Olga Lydia, dan Indra Bekti. Selain itu, para capres juga menerima dukungan dari wapresnya ditunjukkan dengan kehadiran mereka di studio. Hadir bersama disana, Prabowo Subianto, Boediono dan Wiranto.

Debat capres episode pertama ini memang jauh dari harapan, namun masih ada beberapa putaran kembali, semoga pada episode selanjutnya baik para capres dan wapres bisa menyampaikan sesuatu yang lebih aplikatif dan realistis tentang pencapaian yang akan mereka buat.

Sumber : Kompas/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami